Serangan rudal Israel ke Damaskus, Suriah, pada 7 Maret 2022 menewaskan dua perwira pasukan elite Quds, Garda Revolusi Iran (Foto: Reuters)
Anton Suhartono

DUBAI, iNews.id - Zionis Israel menembakkan rudal ke ke Kota Damaskus, Suriah, pada Senin (7/3/2022). Serangan ini menewaskan empat orang, dua di antaranya merupakan perwira Pasukan Garda Revolusi Iran

Media pemerintah Suriah melaporkan, dua korban lainnya merupakan warga sipil. Lembaga hak asasi manusia Pemantau HAM Suriah yang berbasis di Inggris menyebutkan, dua korban sipil itu merupakan milisi pro-Iran. Serangan itu juga melukai enam milisi lainnya.

Menurut organisasi itu, dua warga Iran yang terbunuh merupakan anggota pasukan elite Quds, bagian dari Garda Revolusi. 

Iran pun berjanji akan membalas kematian dua perwiranya. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Iran Saeed Khatibzadeh mengatakan, meminta pertanggungjawaban Israel atas serangan tesebut adalah salah satu tujuan utama perlawanan Quds di kawasan.

Situs web Garda Revolusi, Sepah News, mengidentifikasi dua perwira yang terbunuh sebagai Ehsan Karbalaipour dan Morteza Saeidnejad. Jenazah mereka dimakamkan hari ini.

Garda Revolusi menegaskan Israel harus membayar atas serangtan itu. 

Serangan Israel ke Suriah pada Senin merupakan yang ketujuh sepanjang 2022. Tujuan serangan menargetkan gudang senjata dan amunisi di dekat bandara Damaskus.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT