Kapolres Kulonprogo AKBP M Fajarini menunjukkan barang bukti dan tersangka kasus pencurian kabe. (Foto: iNews.id/Budi Utomo)
Budi Utomo

KULONPROGO, iNews.id - Satreskrim Polres Kulonprogo berhasil mengungkap kasus pencurian kabel milik PT Harmak yang terletak di Clapar, Hargowilis, Kokap. Pelaku merupakan komplotan pencuri kabel tembaga yang sudah sering melakukan aksinya di berbagai lokasi. 

Empat tersangka ini BS (34) warga Kendal, Jawa Tengah yang kini ditahan di Polres Kulonprogo. Tiga tersangka lain, R (37) warga Lampung, BM (34) dan ZA (20) warga Kendal, Jawa Tengah ditahan di Polresta Sleman. Satu tersangka lain Z masih dalam pengejaran. 

“Kami menangkap satu pelaku di Kendal dan saat ini masih dalam pemeriksaan,” kata Kapolres Kulonprogo AKBP M Fajarini, Minggu (4/12/2022). 

Saat beraksi di PT Harmak pada 4 Agustus lalu, mereka membawa mobil dan membekali dengan peralatan untuk memotong kabel. Saat itu karyawan mendapati kabel di lokasi tambang dan penggilingan batu dalam kondisi terpotong. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke Polsek Kokap, dengan nilai kerugian mencapai Rp62 juta. 

Kejadian ini ditindaklanjuti dengan melakukan serangkaian penyelidikan dan meminta keterangan dari saksi. Akhirnya pada 15 Oktober penyidik mendapatkan informasi jika ada pelaku pencurian kabel yang tertangkap di Polresta Sleman. Dari situlah diketahui ada tiga pelaku yang terlibat pencurian di Kulonprogo.

Petugas kemudian mendapatkan informasi jika pelaku BS belum ditangkap. Petugas kemudian memburu pelaku dan mengamankannya di Kendal.  

“Saat ini kami masih melakukan penyelidikan,” ujarnya. 

Polisi juga menyita barang bukti, kabel sepanjang 7,5 meter, handphone, mobil berikut STNK dan gunting potong. Para pelaku akan dijerat dengan Pasal 363 KUHP jo pasal 56 KUHP tentang Pencurian dengan ancaman pidana maksimal tujuh tahun penjara.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT