Siti Marwiyah menang telak atas Meithiana pada Pemilihan Rektor Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya, Sabtu (8/5/2021). (Foto: MPI/Ali Masduki)
Ali Masduki

SURABAYA, iNews.id - Adik bungsu dari Menkopolhukam Mahfud MD, Siti Marwiyah terpiliha jadi rektor Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya. Siti menang telak pada pemilihan rektor  Sabtu (08/5/2021).

Ketua Pelaksana, Bahrul Amiq, mengatakan, dalam pemilihan tersebut, Siti Marwiyah unggul 69,2 persen. Sementara rivalnya Meithiana Indrasari Yunus hanya memperoleh 30,8 persen. 

Dengan demikian, adik Mahfud MD tersebut akan meneruskan kepemimpinan kampus kerakyatan dan kebangsaan Unitomo periode 2021-2025. Dalam kepemimpinannya, dia akan didampingi Wakil Rektor I Amirul Mustofa, Wakil Rektor II Suyanto, Wakil Rektor III Sucipto dan Wakil Rektor IV Nur Sayidah.

Ketua Pelaksana, Bahrul Amiq, mengatakan, setelah pemilihan rektor resmi berakhir, sesuai jadwal, Siti Marwiyah bakal dilantik pada 31 Mei 2021.

"Pemilhan rektor telah berakhir dan Bu Siti memenanginya dengan 69 persen. Maka hampir pasti beliau yang akan dilantik nanti 31 Mei 2021 sebagai pengganti saya," katanya.

Rektor dua periode ini berharap, dengan berakhirnya perhelatan pilrek semua civitas akademika bisa kembali meneruskan tugas masing-masing melayani kelancaran proses belajar mengajar ribuan mahasiswa yang menggantungkan cita-cita di Unitomo.

"Saya harap kita semua bisa kembali lagi sebagai keluarga besar Unitomo. Lupakan kompetisi yang sudah terjadi. Semuanya adalah aset-aset SDM unggul Unitomo," tuturnya.

Kabar kemenangan Siti Marwiyah juga disambut hangat oleh para aktivis mahasiswa. Mereka bersyukur Unitomo dipimpin oleh orang yang tepat. "Selamat Bu Siti. Semoga dapat memajukan kampus dan semoga kebaikan Pak Amiq bisa diteruskan," ucap Ahmad Mukti, Ketua UKM Ciphoc Unitomo.

Sementara itu, Siti Marwiyah yang mengusung tagline "Unitomo Maju" ini menjelaskan, pencalonannya tersebut bukan semata-mata untuk meraih kekuasaan belaka. Lebih dari itu, dia berkomitmen akan selalu melakukan evaluasi setiap kegiatan dan mendengar aspirasi civitas akademika.

"Kepemimpinan kami adalah untuk bersama civitas akademika, bukan kepemimpinan struktural belaka. Tapi bagaimana kedepan kami akan selalu bersama civitas akademika. Komitmen kami adalah membangun kebersamaan dengan kepemimpinan transformasional demi terciptanya kampus Universitas Dr Soetomo yang maju dan harmonis," katanya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT