AS membantu Ukraina untuk mendapatkan jet tempur untuk menghadapi serangan Rusia. (Foto : Ilustrasi )
Anton Suhartono

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) membantu Ukraina untuk mendapatkan jet tempur serta suku cadangnya untuk menghadapi serangan Rusia. Meski demikian AS enggan menyebutkan tipe jet tempur itu.

Juru Bicara Pentagon John Kirby memastikan jika tentara Ukraina sudah mendapatkan pesawat tempur sayap tetap sehingga memiliki kekuatan lebih untuk melawan Rusia dibandingkan waktu sebelumnya.

“Tanpa mengetahui apa yang disediakan dari negara lain, mereka (pasukan Ukraina) telah mendapatkan platform dan suku cadang tambahan agar bisa meningkatkan jumlah armada mereka,” kata Kirby, dikutip dari AFP, Rabu (20/4/2022).

John Kirby tidak menjelaskan tipe dan jumlah pesawat termasuk negara yang menyediakannya. Dia hanya memberikan informasi bahwa pesawat-pesawat itu buatan Rusia, yang berarti MiG atau Sukhoi.

Pesawat kemungkinan besar disediakan oleh negara-negara Eropa Timur yang telah lama menjalin kerja sama militer dengan Soviet atau Rusia sebelum menyeberang ke negara Barat.

“Negara lain yang memiliki pengalaman dengan pesawat semacam itu bisa membantu mereka (Ukraina) mendapatkan lebih banyak pesawat,” kata Kirby.

Pengumuman itu muncul seminggu setelah Presiden AS Joe Biden meluncurkan paket bantuan militer senilai 800 juta dolar untuk Ukraina, termasuk peralatan lebih berat seperti meriam howitzer.

Ukraina sejak lama meminta sekutunya dari Barat untuk menyediakan jet tempur MiG-29. Militer Ukraina tak punya pengalaman menerbangkan jet tempur buatan negara Barat termasuk AS. Pilot Ukraina hanya bisa menerbangkan MiG-29 dan beberapa tipe Sukhoi yang dimiliki segelintir negara Eropa Timur.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT