Naik sepeda motor matik saat di turunan panjang perlu teknik khusus agar aman. (Foto ilustrasi : Ist)
Kedua adalah batas suhu kerja dari komponen sistem pengereman, yaitu kampas dan minyak rem. Pengereman terjadi karena dampak dari memperbesar gesekan antara kampas rem dan permukaan cakram maupun tromol. Cara memperbesar gesekan dengan menggunakan mekanis (kawat) atau hidrolik (oli rem).

Karena itu, sangat mudah terjadi panas dari benda yang bergesekan. Jika ini terus menerus terjadi maka panas akan melampaui batas suhu kemampuan kerja dari rem. Karena suhu panas yang berlebihan menyebabkan kampas akan turun kinerjanya dan juga kemampuan oli rem untuk meneruskan tekanan juga akan turun drastis. Hal inilah dapat menyebabkan rem blong. 
 
Motor matik didesain untuk penggunaan perkotaan dengan jalan datar cenderung lebih banyak, namun karena minat masyarakat terhadap matik dan kebutuhan penggunaan, maka banyak ditemukan pengguna motor matik di wilayah pengunungan. 

Dijelaskannya, ada tiga teknik penting yang wajib bikers ketahui agar teknik pengereman saat menggunakan motor matik pada jalanan menurun panjang yang lebih efektif, sehingga menghindari timbulnya kecelakaan akibat rem blong. 
 
Teknik Pertama, bikers perlu mempertahankan adanya engine brake di motor matik dengan cara gas dipancing dibuka sedikit, sehingga terasa putaran roda belakang nyambung dengan putaran mesin, dan ulangi jika bikers terasa terlepas.


Editor : Ainun Najib

Halaman Selanjutnya
Halaman :
1 2 3
BERITA POPULER
+
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network