Gas dibuka sedikit tidak akan menyebabkan pertambahan kecepatan pada motor matik, sehingga tidak perlu khawatir. Efek engine brake membantu kerja rem untuk sedikit memberi efek menahan agar tidak meluncur bebas. Teknik ini akan efektif jika di kecepatan rendah.
Teknik Kedua, bikers menjaga suhu rem agar tidak kepanasan dengan menggunakannya secara bergantian. Rem depan akan lebih mudah dingin karena letaknya di depan dan mudah mendapatkan sirkulasi angin untuk pendinginan.
“Rem depan boleh diberikan porsi agak lama durasinya sebelum bergantian dengan rem belakang. Selalu gunakan kecepatan rendah di awal turunan agar kerja rem tidak berlebihan,” katanya.
Teknik Ketiga, perlunya waktu tambahan istirahat untuk komponen rem kembali dingin ke suhu sekitar walaupun sudah bergantian, selain menghindari warna teromol berubah.
“Dengan mengetahui fungsi kerja rem dan mengetahui teknik pengereman yang tepat dijalanan menurun yang panjang, bikers telah mengimplementasikan langkah yang tepat demi menjaga keselamatan diri saat berkendara,” ujarnya.
Editor : Ainun Najib
Artikel Terkait