Ternak kambing di Gunungkidul, Yogyakarta ditemukan mati. Jeeroan atau bagian dalam perutnya hilang diduga dimakan hewan buas. (Foto : Dok iNewsYogya.id )
erfan erlin

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Belasan kambing di Padukuhan Legundi Kalurahan Girimulyo Kapanewon Panggang, Gunungkidul mati dimakan hewan buas. Anehnya, bangkai kambing ditinggal begitu saja di kandang karena yang dimakan hanya jeroan atau bagian dalam saja.

Kapolsek Panggang AKP Ahmad Fauzi ketika dikonfirmasi membenarkan teror hewan buas yang menyerang ternak kambing di wilayah Kapanewon Panggang Gunungkidul kembali marak. Dalam tiga hari terakhir, setidaknya 15 kambing di satu Padukuhan mati diserang hewan buas. "Hewan itu kayaknya anjing liar," ujar dia, Selasa (27/9/2022) malam.

Fauzi mengungkapkan jika semua kambing tersebut berada di dalam kandang yang lokasinya berada di tengah alas (ladang). Sehingga tidak diketahui waktu pasti kejadian kematian ternaknya karena jauh dari pemukiman warga.

Kambing-kambing yang mati diduga dimakan oleh anjing liar pada malam hari. Karena yang  dimakan hanya organ bagian dalamnya dan ditinggalkan begitu saja di sekitar lokasi kejadian. 

"Serangan ini sudah berulang setiap tahunnya. Dari tahun ke tahun memang selalu berulang. Di mana tipe serangannya sama," kata dia.

Menurut Fauzi, hewan ternak yang diserang tersebut semuanya berada di ladang dan tidak ditunggui oleh pemiliknya. Sehingga warga tidak mengetahui berapa jumlah hewan buas yang menyerang ternak mereka.

Dari informasi yang didapat bahwa warga telah berhasil menangkap satu ekor anjing hutan (kondisi mati) dari total yang diketahui warga sebanyak tiga ekor. Warga kini bersiaga sewaktu-waktu hewan tersebut muncul kembali.

Fauzi menambahkan dalam kurun waktu tiga malam mulai tanggal 23 hingga 26 September 2022, setidaknya 15 ekor kambing milik warga yang mati diserang hewan buas. Serangan itu di tiga titik, semuanya di Dusun Legundi Girimulyo.

Dari informasi yang mereka kumpulkan, serangan pertama terjadi pada hari senin tanggal 26 September 2022 dan diketahui sekira jam 07.00. Peristiwa tersebut terjadi Alas Kepuket Dusun Legundi Kalurahan Girimulyo Kapanewon Panggang. Di Alas Kepuket tersebut telah ditemukan adanya kejadian hewan ternak kambing yang diduga dimakan oleh anjing liar.

Di mana jumlah hewan korban yang dimakan sebanyak 15 ekor dengan rincian masing-masing pada hari Jum'at tanggal 23 September 2022 telah dimakan hewan ternak sebanyak lima ekor milik dari Mbah Mangun alamat Dusun Legundi Rt 8, Rw 03 Girimulyo.

Kemudian pada hari Minggu tanggal 25 September telah dimakan hewan ternak sebanyak tiga ekor milik dari Dwi R warga Legundi Rt 03, 03 Girimulyo. Dan pada hari Senin tanggal 26 September telah dimakan hewan ternak sebanyak tujuh ekor masing-masing enam ekor milik dari Sayogi dan satu ekor milik Mbah Genuk. "Kambing-kambing tersebut mati di dalam kandang,"ujar dia.

Terkait adanya kejadian tersebut, pihaknya telah melakukan upaya untuk mencegah kejadian serupa warga. Di mana Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan ronda dan siskamling di lingkungan peternakan warga. Dan mengimbau warga untuk membawa ke rumah terlebih dahulu ternak mereka.

Menurutnya perlu adanya upaya dari pihak-pihak terkait untuk membantu warga dalam menanggulangi kejadian serupa agar tidak menimbulkan keresahan khususnya bagi para peternak kambing dan masyarakat sekitar.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT