Penampakan salah satu pabrik pemrosesan gas Gazprom di Wilayah Orenburg, Rusia, 6 September 2022. (Foto: Reuters)
Ahmad Islamy Jamil

NEW YORK, iNews.id – Pemerintah Pakistan siap membeli gas alam cair (LNG) dan produk pertanian dari Rusia. Upaya ini dilakukan demi membantu rakyatnya. 

Menteri Informasi Federal Pakistan, Marriyum Aurangzeb di sela-sela Pekan Pertemuan Tingkat Tinggi Majelis Umum PBB pada hari Kamis memastikan pemerintahnya akan melakukan apa pun untuk membantu rakyatnya.

“Fokus Perdana Menteri (PM Pakistan Shehbaz Sharif) adalah melakukan apa pun yang diperlukan untuk memberikan bantuan kepada rakyat Pakistan, termasuk pasokan LNG dari seluruh dunia,” ungkap Marriyum Aurangzeb.

“Tidak peduli dari mana (kami bisa beli) dan demikian pula halnya dengan produk-produk pertanian,” kata Aurangzeb. 

Moskow tak ambil pusing dengan kehilangan pasar gas alamnya di Eropa di tengah konflik Rusia dengan Ukraina. Menurut Kremlin, masih banyak negara lain yang ingin membeli sumber energi Rusia.

“Eropa bukan satu-satunya konsumen gas alam dan bukan satu-satunya benua yang membutuhkan gas alam,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov kepada wartawan, Rabu (14/9/2022) pekan lalu.

“Ada banyak wilayah yang berkembang lebih cepat dan memiliki program pembangunan yang jauh lebih ambisius, mereka dapat mengimbangi permintaan (yang berkurang) untuk gas (Rusia) di Eropa,” ujarnya.

Pada Kamis (15/9/2022) pekan lalu, Wakil Perdana Menteri Rusia Alexander Novak mengatakan, Rusia akan mencari peluang untuk memasok LNG ke Pakistan.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT