AU) Rusia segera menerima jet tempur siluman SU-57 untuk memperkuat armada tempurnya. (Grafis : iNews.id)
Anton Suhartono

MOSKOW, iNews.id - Perang di Ukraina makin panas. Angkatan Udara (AU) Rusia segera menerima jet tempur siluman SU-57 untuk memperkuat armada tempurnya.

Selama ini pasukan Beruang Merah telah menerjunkan jet tempur canggih generasi kelima ini dalam perang di Ukraina, namun jumlahnya masih sangat terbatas.

Kepastian terkait Su-57 baru ini disampaikan perusahaan teknologi pertahanan milik pemerintah Rusia Rostec. Dia menyebut Angkatan Udara Rusia akan menerima unit baru tahun ini.

“Angkatan Udara Rusia akan menerima jet tempur Su-57 baru tahun ini,” kata bos Rostec, Sergei Chemezov, Kamis (22/9/2022), dalam pernyataan di akun Telegram resmi perusahaan, seperti dilaporkan kembali RT.

Dia menegaskan kecepatan produksi jet tempur Su-57 akan ditingkatkan karena pabrik di Timur Jauh mengalami ekspansi dan modernisasi guna memenuhi permintaan produksi yang tinggi.

Jalur perakitan dan fasilitas tambahan lainnya sudah dibangun di pabrik tersebut.

Memiliki kemampuan siluman, jet tempur supersonik bisa menghindari radar, menyerang target udara dan darat, termasuk titik-titik sistem pertahanan udara musuh.

Sebelumnya Presiden Rusia Vladimir Putin menginstruksikan agar militernya dilengkapi dengan perangkat keras tambahan. 

Pada Selasa lalu, Putin mengatakan pihak berwenang harus memastikan siklus kerja berkelanjutan di fasilitas militer serta mempelajari peralatan tempur musuh yang direbut di medan perang Ukraina, termasuk senjata yang dipasok oleh NATO.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT