Sekretris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji. (Foto: Antara)
Antara

YOGYAKARTA, iNews.id - Keputusan pemerintah pusat menetapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di seluruh kabupaten/kota di DIY menjadi peringatan bagi masyarakat setempat. Kebijakan ini dirasa penting untuk keselamatan masyarakat DIY. 

“Ini bagian dari peringatan yang harus dilakukan, demi keselamatan masyarakat DIY," kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (9/3/2022).

Aji mengaku belum mengetahui persis pertimbangan yang dipakai pemerintah pusat untuk menetapkan PPKM di lima kabupaten/kota di DIY pada Level 4. Dia menduga tidak lepas dari banyaknya kunjungan ke DIY.  

"Kalau sekarang orang datang ke Yogyakarta berbondong-bondong, apalagi kalau nanti sudah diberlakukan orang datang ke Yogyakarta bisa tanpa Antigen dan PCR," kata dia.

Selain itu, peningkatan angka BOR di DIY juga sangat mungkin menjadi pertimbangan. Padahal jumlah pasien yang dirawat juga cukup tinggi.

Dengan terbitnya Instruksi Menteri Dalam Negeri, yang kemudian diikuti dengan Instruksi Gubernur DIY mengenai PPKM Level 4, masyarakat tinggal melaksanakan instruksi itu dengan konsisten dan konsekuen. Pengetatan protokol kesehatan menjadi kunci yang dapat membantu menekan kasus dan menurunkan status level PPKM di DIY.

"Kalau kita masih tetap melakukan aktivitas-aktivitas, seperti pada level yang sebelum 4, ya tidak bakal ada penurunan ke Level 3, Level 2, apalagi Level 1," kata Aji.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT