Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Yogyakarta Heroe Poerwadi. (Foto: Antara)
Antara

YOGYAKARTA, iNews.idWakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi tidak mempermasalahkan adanya kenaikan status PPKM Level 4. Justru status ini akan memicu semangat untuk bangkit dan pulih dari pandemi Covid-19

“Tidak masalah dinaikkan statusnya ke PPKM Level 4. Justru akan mempercepat kami untuk bangkit dan segera pulih. Sebenarnya kasus Covid-19 sudah cenderung turun,” kata heroe, Selasa (8/3/2022). 

Pemerintah pusat menaikkan level PPKM DIY  dan lima kabupaten/kota dari sebelumnya berada di level 3 menjadi level 4. Penentuan ini mendasar pada Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2022. Penerapan PPKM level 4 hampir sama seperti level lain yaitu fokus pada penguatan penerapan protokol kesehatan secara disiplin namun dengan pembatasan yang lebih ketat di berbagai sektor.

“Kami sudah menyiapkan penguatan patroli dan pemantauan berbagai aktivitas di masyarakat baik kegiatan sosial maupun kegiatan ekonomi,” ujarnya. 

Patroli ini akan dilakukan gugus tugas di semua level dari tingkat kecamatan hingga kelurahan. Fokusnya lebih pada ketaatan masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan. 

Dengan status PPKM level 4, maka kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam jumlah banyak akan dikurangi. Sedangkan untuk pembelajaran anak-anak sekolah kembali secara daring. Sedangkan untuk siswa kelas 6 SD dan 9 SMP akan ada kebijakan khusus, karena mereka akan menghadapai ujian akhir atau asesmen standarisasi pendidikan daerah (ASPD).

“Kasus aktif sudah mulai turun, Kota Yogyakarta sudah melewati puncaknya. Semoga kasus akan kembali turun,” katanya.
 
Berdasarkan kondisi epidemiologi, 45 kelurahan berada di zona oranye. Ada dua yang masuk zona merah Purbayan dan Prawirodirjan. 

“Keterisian tempat tidur di rumah sakit juga masih kondusif sekitar 55,7 persen. Itu pun sebagian besar merawat pasien warga luar kota. Begitu juga dengan selter isolasi terpadu terisi 43 persen,” katanya.

Hari ini terdapat penambahan 311 kasus baru Covid-19, 473 pasien sembuh atau selesai isolasi, dan empat pasien meninggal dunia dan 2.761 kasus aktif. 


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT