Kebakaran menghanguskan seluruh dapur milik Sudaristanto warga Sawahan.(Foto: MPI/erfan erlin)
erfan erlin

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Dapur rumah milik Sudaristanto (46) warga Sawahan II RT 39/06 Kalurahan Bleberan Kapanewon Playen, Gunungkidul, Rabu (11/5/2022) ludes terbakar. Api diduga berasal dari obat nyamuk yang dinyalakan sebelum kejadian.  

Kapolsek Playen, AKP Hajar Wahyudi menuturkan, kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.00 WIB. Saat kejadian rumah dalam kondisi kosong. Kebakaran ini pertama kali diketahui oleh tetangga korban yang melihat api sudah membumbung tinggi.  

BACA JUGA:

“Saat kejadian rumah dalam keadaan kosong, penghuninya sedang berada di luar rumah,” kata Hajar Wahyudi, Rabu (11/5/2022). 
 
Api pertama kali diketahui tetangganya yang tinggal di belakang rumah korban. Saat ini saksi melihat ada asap hitam pekat membumbung tinggi. Saksi kemudian mencari sumbernya dan mendapati dapur rumah korban sudah terbakar. Saat itu api sudah cukup besar sampai di bagian atap. 

Saksi kemudian berteriak meminta tolong sehingga banyak warga berdatangan. Menggunakan peralatan seadanya mereka memadamkan api secara manual. Namun api sudah terlanjur membesar sehingga sulit untuk dipadamkan.  

BACA JUGA:

"Bangunan dapur terbuat dari kayu sehingga sulit dipadamkan dan banyak perkakas yang mudah terbakar," ujarnya.

Api baru bisa dipadamkam setelah empat unit mobil pemadam kebakaran diturunkan ke lokasi kejadian. Petugas butuh waktu satu jam untuk memadamkam api. Beruntung api tidak sampai merembet ke bangunan rumah korban.

Akibat kebakaran ini, kerugian ditaksir mencapai Rp100 juta. Seluruh perkakas dan perabot rumah tangga yang ada di dalam dapur hangus terbakar. 

“Informasinya, sebelum kejadian pemilik rumah menyalakan obat nyamuk untuk mengusir nyamuk,” katanya.  


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT