Wisatawan menikmati keindahan alam di Pantai Glagah Kulonprogo. (Foto: iNews.id/Kuntadi)
Budi Utomo

KULONPROGO, iNews.id - Dinas Pariwisata Kulonprogo menyiapkan sejumlah event untuk mendongkrak kunjungan wisatawan. Dari target pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp5,2 miliar, saat ini baru terealisasi sekitar 56 persen. 

“Target PAD sebesar Rp5,2 miliar dan sampai akhir September sudah 56 persen. Kami yakin akan tercapai,” kata Kepala Dinas Pariwisata Kulonprogo, Joko Mursito, Kamis (22/9/2022). 

Untuk mendongrak capaian PAD, Dinas pariwisata akan menggelar berbagai event di objek wisata. Pada akhir pekan ini akan digelar Anugerah Desa Wisata (ADWI) Menebar Pesona 2022 di laguna Pantai Glagah, Sabtu (24/9/2022). Acara ini juga akan dimeriahkan dengan kirab gunungan dari 22 desa wisata. 

“Kami juga akan undang musisi Aftershine, Derradru, Nyi Ageng Ethnic dan pembawa acara Rio-Tere,” katanya. 

Dinas juga akan menggelar Glagah Tropicolorun berupa lari jarak 5 kilometer menyusuri Pantai Glagah pada Minggu (25/9/2022. Panitia menyediakan hadiah barang-barang elektronik seperti TV, kulkas hingga kipas angin dengan target 1.000 peserta.

“Kami juga akan menggelar event Nglinggo Soul of The Mask, pada 27 September pas peringatan Hari pariwisata,” katanya.

Sementara itu Dirut Badan Otorita Borobudur Indah Juanita mengatakan pengembangan pariwisata harus memperhatikan lingkungan dan sanitasi. Kebersihan lingkungan khususnya toilet menjadi cermin kebersihan pengelola. 

“Untuk mendukung pariwisata kami membantu toilet bersih di desa wisata Tinalah, Purwoharjo, Samigaluh,” katanya.

BOB akan terus mendukung pengembangan pariwisata di kawasan otoritatif penyangga destinasi Candi Borobudur.  


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT