Direktur Aktriyo secara simbolis menyerahkan kacamata kepada siswi pondok pesantren. (Foto : MPI/Yohanes Demo)
Yohanes Demo

BANTUL, iNews.id- MNC Peduli melalui MNC Media dan perusahaan pembuat kaca mata di Indonesia, Esselor melaksanakan kegiatan pemeriksaan dan pembagian kaca mata gratis untuk 500 anak-anak di Kabupaten Bantul. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mata sejak dini.

Ketua MNC Peduli, Jessica Tanoesoedibjo mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari penglihatan se-dunia (Word Sight Day). Momen ini merupakan hari kesadaran internasional untuk memusatkan perhatian dan mendorong masyarakat memiliki kesadaran pentingnya kesehatan mata mereka.

"Karena kesehatan mata berdampak pada banyak aspek diantaranya pendidikan, pekerjaan, kualitas hidup dan kemiskinan. Hari penglihatan se-dunia menjadi momentum pengingat bagi masyarakat dunia bahwa mata merupakan salah satu aset berharga yang dimiliki oleh manusia," kata dia, Kamis (06/10/2022).

Berdasarkan data International Agency for The Prevention of Blindness Indonesia merupakan negara ketiga tertinggi di dunia penduduknya terganggu penglihatannya. Di tahun 2020, sebanyak 35 juta orang di Indonesia terganggu penglihatannya.

"Oleh karena itu, momentum ini kita bekerjasama mengadakan pemeriksaan dan berbagi kacamata gratis," ujarnya.

HR Manager Esselor, Christina Rani Dewi menjelaskan, dalam kegiatan ini ada 500 anak-anak yang berasal dari lima panti asuhan di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Selain memberikan edukasi kesehatan mata, anak-anak juga berkesempatan diperiksa kesehatan mata secara gratis.

"Jadi setelah dilakukan pemeriksaan, apabila anak-anak memerlukan bantuan alat bantu penglihatan maka tim Esselor akan langsung membuatkan kacamata," katanya.

Selain MNC Peduli dan Esselor, kegiatan ini juga berkolaborasi dengan Akademi Optometri Yogyakarta (Aktriyo). Aktriyo adalah lembaga pendidikan perguruan tinggi yang fokus mempelajari dan menganalisis mata yang ada di kota Yogyakarta.

Direktur Aktriyo, Teguh Suripto sangat mengapresiasi atas kerjasama yang terjalin dengan baik ini. Dia bersyukur dan berterimakasih bisa bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Terimakasih kepada Esselor dan MNC Peduli atas kerjasama baik ini. Harapannya semoga kita bisa membangun kolaborasi secara menerus," katanya.

Sebagai informasi, kegiatan pemeriksaan mata dan pembagian kacamata gratis kerjasama MNC Peduli dan Esselor sudah berlangsung sejak tahun 2016 di 30 lokasi. Dan lebih dari 12.000 orang sudah menerima manfaat ini.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT