Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman mengadakan pelatihan digitalisasi bagi pelaku usaha jasa pariwisata (UJP). (Foto : Dinas Pariwisata Sleman)
Antara

SLEMAN, iNews.id- Puluhan pelaku usaha jasa pariwisata di Sleman mendapat pelatihan digitalisasi. Pelatihan yang digelar Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman ini dilaksanakan mulai Senin (19/9/2022) hingga Kamis (22/9/2022).

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Ishadi Zayid mengatakan pelatihan ini diberikan kepada 40 pelaku usaha jasa pariwisata (UJP). 

"Meliputi pelaku hotel, restoran, biro perjalanan wisata, pengelola destinasi, dan pengelola desa wisata," kata di Sleman, Kamis.

Menurut Ishadi, pelatihan digitalisasi terdiri atas beberapa materi ketrampilan di antaranya strategi branding, pemasaran dan penjualan desa wisata, homestay, kuliner, suvenir, dan fotografi.

"Pelatihan ini menggunakan pembiayaan dari dana alokasi khusus (DAK) program peningkatan kemampuan SDM pelaku pariwisata dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI," katanya.

Ia mengatakan semua peserta pelatihan diharapkan dapat menerapkan dan mengimplementasikan ketrampilannya dalam rangka mempromosikan destinasi wisata dan usaha jasa yang dikelola masing-masing.

"Dengan demikian destinasi dan usaha jasa masing-masing dapat lebih dikenal secara luas di kalangan masyarakat dan wisatawan," katanya.

Materi yang disampaikan selama pelatihan tersebut yaitu, pada hari pertama  "Kupas Masalah dan Tantangan Pemasaran Pariwisata Berbasis Teknologi lnformasi dan Komunikasi" dan "Pentingnya Pemasaran Digital dalam Memajukan Pariwisata Sleman melalui Medsos dan Marketing".

Kemudian, "Pengembangan Pemasaran Wisata Digital Pasca-Pandemi", "Membuat Media Promosi Digital dan Tata Kelola Digital dengan Bahasa Promosi yang Efektif dan Menarik", dan "Pemanfaatan Google Review.

Materi pada hari kedua adalah "Kekuatan Visual Foto dalam Digital Marketing dan Optimalisasi Kamera dalam Peningkatan Kualitas Aset Foto Destinasi Wisata", "Praktek Pembuatan Karya Fotografi dalam Mendukung Promosi Digital", "Pemanfaatan Smarthphone sebagai Media Promosi Wisata Secara Digital", "Dasar Videografi dan Pembuatan Video Pendek" dan "Bagaimana Menulis Skrip, Storyline, dan Storyboard Sederhana dan Praktek Editing Sederhana".

"Pada hari ketiga dilakukan praktik lapangan di objek wisata Tebing Breksi Sambirejo Prambanan dan dilanjutkan pada hari keempat berupa presentasi hasil karya, review dan evaluasi hasil karya para peserta," katanya.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT