Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam UIN Sunan Kalijaga Inayah Rohmaniyah memeluk erat seorang ibu yang mewakili wisudawati yang meninggal dunia, Kamis (16/6/2022). (Foto : tangkapan layar IG )
erfan erlin

YOGYAKARTA, iNews.id- Momen mengharukan terjadi saat wisuda di Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Seorang ibu ikut diwisuda mewakili anaknya yang sudah meninggal.

Video peristiwa mengharukan ini diunggah akun Instagram @statusfakta. Video yang diunggah tersebut menggambarkan prosesi wisuda di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 

Dalam video berdurasi singkat tersebut diberi keterangan bertuliskan 'Dekan Ini Peluk Erat Ibu yang Mewakili Proses Wisuda Anaknya yang Meninggal Sebelum Wisuda.'

"Seorang calon wisudawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dikabarkan meninggal setelah satu bulan pasca sidang skripsi. Saat proses wisuda digelar, ibunda dari almarhumah mewakili anaknya yang telah berpulang."tulis pemilik akun disertai dengan foto.

Berdasarkan keterangan dari pihak UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, perempuan bergamis biru navy itu bernama Maimunah, ibu dari salah satu wisudawati yang bernama Siti Fatimah Fajrin.

Kaprodi Aqidah dan Filsafat Islam UIN Sunan Kalijaga Imam Iqbal mengungkap, wisudawati tersebut diketahui meninggal dunia karena sakit.

"Wafat sekitar satu bulan sesudah ujian karena asam lambung," ujarnya, lewat pesan singkat.

Diperoleh informasi Maimunah hadir dan maju ke depan ruangan mewakili putrinya untuk hadir menerima ijazah kelulusan di hari membahagiakan bagi banyak mahasiswa tersebut.

Terekam pula dalam video, Maimunah menerima pelukan dari Dekan Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam kampus setempat, Inayah Rohmaniyah. 

Setelahnya, Maimunah bergeser dan menerima ijazah milik putrinya dengan air mata yang masih menetes di pipinya. 

Dalam video yang sama itu, bola mata Maimunah nampak begitu merah, karena tak mampu menahan isak pedihnya.

"Almarhumah Siti Fatimah Fajrin merupakan wisudawati dari Prodi Magister Akidah dan Filsafat Islam. Lahir di Surabaya 10 Maret 1995, almarhumah merupakan putri Maimunah, seorang guru honorer dan Abdul Hamad," kata dia.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT