Evakuasi truk yang tercebur di Waduk Sermo Kulonprogo, Jumat (18/3/2022). (foto: iNews.id/Budi Utomo)
Budi Utomo

KULONPROGO, iNews.id - Kecelakaan tungal terjadi di Waduk Sermo, Kulonprogo, Jumat (18/3/2022). Sebuah truk engkel yang membawa muatan berupa batako tercebur ke waduk, karena tanah yang dipijak truk longsor. 

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini, sopir dan kedua penumpang berhasil selemat setelah berenang ke pingggir waduk. Hingga kini upaya evakuasi truk terus dilakukan, namun belum berhasil.

Kecelakaan ini berawal saat truk dengan Nopol AB 8882 EC yang dikemudikan Dwi Arifin (39) bersama dua rekannya Sukamdani (28) dan Arif Prasetyo (22) yang seluruhnya warga Hargotirto, Kokap. Truk ini melaju dari arah barat ke timur untuk mengantarkan pesanan batako di salah satu rumah di Tegalrejo, Hargowilis, Kokap. 

Sampai di lokasi kejadian, truk berpapasan dengan sepeda motor. Karena jalan sempit truk ini pengemudi meminggirkan ke tepi jalan. Namun nahas, tanah yang dipajak truk tidak kuat menahan beban dan longsor. Truk inipun terguling ke waduk sedalam enam meter. 

“Truk ini terguling setelah tanah yang dipijak truk ambles sehingga truk terguling,” kata Kanit Binmas Polsek Kokap Iptu Sudiyono, Jumat (18/3/2022).

Ketiga korban dalam kondisi selamat dan hanya mengalami luka ringan. Mereka keluar dengan memecah kaca bagian depan, selanjutnya berenang ke tepian. 

“Semuanya selamat. Hanya luka ringan di kaki kena pecahan kaca,” katanya. 

Lokasi kejadian kini sudah diberi batas garis polisi. Upaya evakuasi dilakukan dengan menarik menggunakan derek. Namun hingga berita ini diturunkan upaya ini belum berhasil.  

“Warga harus hati-hati karena tanah disini labil dan mudah longsor,” katanya. 


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT