Tentara Rusia bakal mendapatkan senjata baru yang lebih canggih. Saalah satunya adalah SMG PPK-20 Kalashnikov yang diklaim terbaik di dunia akan digunakan pasukan Rusia akhir tahun ini (Foto: Sputnik)
Anton Suhartono

MOSKOW, iNews.id - Militer Rusia terus memperbaharui persenjataanya. Dalam waktu dekat pasukan Rusia akan menggunakan senjata terbaru yang lebih canggih dan lebih ringan dibandingkan yang digunakan saat ini. 

Senjata baru itu di antaranya submachine gun (SMG) atau pistol mitraliur PPK-20 dan senapan sniper SVCh (Chukavin Sniper Rifle).

Berdasarkan data Kalashnikov, PPK-20 mampu menembakkan 800 peluru per menit. Sementara itu media Rusia melaporkan, peluru yang ditembakkan dari senjata mampu melesat 470 meter per detik serta bisa menembus pelindung tubuh tingkat IIIA. Pelindung tubuh IIIA merupakan salah satu pelindung tertinggi lunak ringan yang bisa disembunyikan.

“Kami percaya itu adalah pistol mesin terbaik di dunia selama 20 tahun ke depan,” kata bos Kalashnikov, Alan Lushnikov, merujuk kepada PPK-20, seperti dikutip dari RT, Senin (15/8/2022). 

Data lain mengungkap, bobot standar PPK-20 tak lebih dari 3 kg, dilengkapi moderator suara, serta mounting rel standar mirip dengan Picatinny yang digunakan pada senjata buatan Barat. PPK-20 pertama kali dipresentasikan oleh Kalashnikov dalam pameran ARMY 2021.

Sementara itu SVCh merupakan senapan sniper generasi baru yang dirancang untuk menggantikan SVD (Senapan Sniper Dragunov) buatan Uni Soviet

SVCh memiliki keunggulan antara lain lebih ringan daripada pendahulunya, memiliki presisi lebih tinggi, dan mampu mengenai target pada jarak sekitar 1.200 meter. 

Ukurannya juga lebih kecil sehingga efektif digunakan menembak pada jarak menengah, bahkan dalam pertempuran jarak dekat. SVCh pertama kali ditunjukkan pada 2017 dan berhasil melewati uji coba tahun lalu.


Editor : Ainun Najib

BERITA TERKAIT