Dinkes Kulonprogo kembali menggelar vaksinasi Covid-19. (Foto: istimewa)
Antara

KULONPROGO, iNews.id - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulonprogo kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat. Kabupaten Kulonprogo mendapatkan alokasi 223 vial vaksin jenis Pfizer

“Vaksin sudah tersedia lagi dan stoknya lumayan banyak,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kulonprogo Sri Budi Utami, Senin (14/11/2022). 

Kegiatan vaksinasi akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang sudah ada. Seluruh fasilitas kesehatan yang ditunjuk akan kembali melayani masyarakat, baik di puskesmas, rumah sakit dan fasilitas layanan kesehatan lainnya. 

Dinas juga akan mengedukasi masyarakat agar bersedia mendapatkan vaksin Covid-19. Sebab untuk dosis ketiga memang capainnya agak rendah dibandingkan dengan dosis pertama dan kedua. 
 
"Hal yang lebih penting sebetulnya adalah penggerakan masyarakat agar termotivasi untuk bersedia divaksin," katanya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kulonprogo Rina Nuryati mengatakan, stok vaksin di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Kulonprogo ada 223 vial. Jumlah ini dapat digunakan untuk sasaran dosis primer (pertama dan kedua) sebanyak 1.338 sasaran, dan vaksin penguat sebanyak 2.230 sasaran.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DIY supaya kembali didistribusikan bila sudah tersedia stok vaksin," katanya.

Rina mengatakan, Dinkes menggandeng Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) untuk percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di masyarakat.

"Kami melakukan pelayanan vaksinasi Covid-19 kembali di faskes kerja sama dengan PKBI untuk menyasar masyarakat," katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT