Tim Semar UGM berhasil meraih dua juara dari kompetisi mobil hemat energi Shell Eco-Marathon 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika NTB. (Foto: istimewa)
Kuntadi

YOGYAKARTA, iNews.id - Tim Semar UGM berhasil meraih dua juara dari kompetisi mobil hemat energi Shell Eco-Marathon 2022 yang digelar di Sirkuit Mandalika NTB 11-15 Oktober lalu. Mobil Semar Proto UGM meraih juara pertama kategori Prototype Kelas Battery-Electric dan mobil Semar Urban UGM juara 2 kategori Urban Concept Kelas Internal Combustion Engine.
 
Kompetisi ini menjadi ajang balap kendaraan ramah energi bagi mahasiswa di seluruh dunia untuk mengeksplorasi dan memberikan solusi energi transportasi berkelanjutan yang ramah lingkungan. Setidaknya ada 49 tim yang terdiri dari 33 wakil Indonesia dan sisanya representasi dari India, Kazakhstan, Republik Korea, Malaysia, Nepal, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Tim Semar UGM, Adzmi mengatakan, dalam kompetisi itu tim Semar Proto dengan kategori prototipe yakni konsep mobil hemat energi yang futuristik berhasil memukau juri dengan jarak tempuh 587 km/kWh. Sedangkan tim Semar Urban kategori urban concept fokus pada desain kendaraan konvensional roda empat yang hemat energi sesuai kebutuhan riil masyarakat perkotaan. 

Mobil ini mengusung keunggulan efisiensi dalam penggunaan bahan bakar dan body mobil berbahan carbon fiber sehingga berat totalnya hanya 89 kilogram dengan jarak tempuh 332 Km/liter.

“Kedua mobil ini mampu meraih dua gelar juara,” kata Adzmi, Rabu (19/10/2022).

Dalam kompetisi ini, tim banyak  mendapat pengalaman selama perlombaan. Mulai dari brainstorming ide, eksekusi mobil, hingga pelaksanaan kegiatan di Trek Sirkuit Mandalika.

“Terdapat beberapa tantangan terutama kondisi driver agar dapat menghadapi cuaca yang tidak menentu, panjang lintasan, suhu panas, dan lain sebagainya,” ujarnya. 

Prestasi yang berhasil diperoleh tak lepas dari kerja keras tim dan persiapan selama kurang lebih satu tahun. Azmi berharap capaian bisa memotivasi mahasiswa lainnya untuk terus berinovasi dan mengekplorasi teknologi baru yang ramah lingkungan.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT