Ilustrasi virus Corona.(Foto: Ist.)
Antara

KULONPROGO, iNews.id - Tren kasus Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo terus mengalami penurunan, seiring dengan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4. Hari ini hanya ada 104 kasus. 
 
“Hari ini penambahan 104 kasus, sehingga total konfirmasi kasus positif di Kulonprogo secara akumulasi menjadi 1.644 orang,” kata Ketua Satgas Covid-19 Kulonprogo Fajar Gegana, Jumat (18/3/2022). 

Penambahan kasus ini jauh mengalami penurunan dibanding dua pekan sebelumnya yang ada penambahan 264 kasus. Hal ini menunjukkan cenderung mengalami penurunan baik kasus harian maupun akumulasi kasus positif. Sementara pasien sembuh lebih besar dibanding penambahan kasusnya. 

“Minggu ini kasus hariannya juga menurun. Akhir pekan kemarin tinggal 1.644 jauh dibanding awal Maret 4.586 kasus,” katanya. 
 
Fajar Gegana mengapresiasi upaya bersama Polres Kulonprogo, Kodim 0731, fasilitas kesehatan yang mampu membantu percepatan vaksinasi kepada masyarakat. Penerapan protokol kesehatan terbukti mampu menurunkan kasus positif di Kulonprogo.

”Percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan yang ketat terbukti mampu menekan kasus positif," katanya.

Data dari Dinas Kesehatan yang telah mengikuti program vaksinasi dari sasaran SDM kesehatan, pelayanan publik, masyarakat umum dan rentan, lansia, remaja dan anak yang ditargetkan 378.177 jiwa telah menerima dosis pertama sebesar 341.127 jiwa atau 90,2 persen, dosis kedua sebesar 308.351 jiwa atau 81,50 persen, dan dosis ketiga atau booster sebesar 36.747 jiwa atau 9,72 persen.

Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengimbau masyarakat tidak mengendurkan protokol pencegahan penularan Covid-19. 

”Covid-19 masih ada dan kita sekarang masih di dalam puncak gelombang ketiga. Masyarakat jangan abai protokol kesehatan, karena yang kami lihat sudah mulai menurun terutama di dalam menjaga jarak ini kembali ditingkatkan," katanya.


Editor : Kuntadi Kuntadi

BERITA TERKAIT