1 Siswa Positif Covid-19, Sekolah Ditutup Sementara

Priyo Setyawan ยท Sabtu, 23 Oktober 2021 - 15:05:00 WIB
1 Siswa Positif Covid-19, Sekolah Ditutup Sementara
Ilustrasi tes swab antigen untuk pendeteksian awal Covid-19. (Foto: Antara)

SLEMAN, iNews.id -Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman melakukan tes swab kepada guru dan siswa di enam sekolah yang berada di zona merah. Dari hasil tes diketahui satu siswa positif Covid sehingga Dinas Pendidikan bertindak cepat dengan menutup sementara sekolah itu.

Untuk diketahui Pemkab Sleman mulai menggelar pembelajaran tatap muka (PTM)  terbatas  jenjang SD dan SMP, mulai 11 Oktober 2021. Pada tahap awal sebanyak 85 SD sekolah di 17 kapanewon Sleman atau masing-masing 5 sekolah tiap kapanewon dan 119 SMP se-Sleman melakukan PTM. 

Untuk memastikan kegiatan PTM berjalan aman dan lancar sekaligus bahan evaluasi, dilakukan swab sampling di enam sekolah. Enam sekolah itu, yakni di SMPN 2 Pakem dan SDN Kaliurang 1, Kalurahan Hargobinangun, Pakem, SD Samirono dan SMPN 5 Depok, Kapanewon Caturtunggal, Depok serta SMPN 3  Kalasan dan SD Muhammadiyah Bayen, Kalurahan Purwomartani, Kalasan.

Kegiatan swab sampling dilakukan Kamis (21/10/2021), untuk sasaran yang diswab baik guru maupun siswa secara acak.  Hasil swab sampling diketahui ada satu siswa yang positif Covid-19. Sebagai tindak lanjutnya PTM di sekolah tersebut dihentikan sementara.

Kepala Disdik Sleman, Ery Widaryana mengatakan ditemukannya kasus Covid-19, setelah hasil swab didapatkan ada 3 siswa di SMPN 2 Pakem yang hasilnya reaktif. Guna memastikan positif atau tidak kemudian dilakukan Swab PCR. Hasilnya satu siswa dinyatakan positif Covid-19 dan dua lainnya negatif. Hasil tes swab PCR  itu keluar, Jumat sore (22/10/2021).

“Siswa itu kemungkinan terpapar dari keluarganya. Hal ini berdasarkan hasil tracing  Dinkes Sleman ada keluarganya yang terpapar, namun OTG,” kata Ery, kepada iNews.id, Sabtu (23/10/2021).

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: