10 PTN Launching Matching Fund Patriot Pangan, Ini Tujuannya

Kuntadi ยท Senin, 14 November 2022 - 21:30:00 WIB
10 PTN Launching Matching Fund Patriot Pangan, Ini Tujuannya
launching Matching Fund Patriot Pangan Kampus Merdeka 2022, di Balai Senat, Universitas Gadjah Mada (UGM) Senin (14/11/2022). (foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Sepuluh perguruan tinggi negeri yang tergabung dalam Konsorsium 10 PTN launching Matching Fund Patriot Pangan Kampus Merdeka 2022, di Balai Senat, Universitas Gadjah Mada (UGM) Senin (14/11/2022). Program ini untuk mendukung pemerintah dalam mewujudkan kedaulatan pangan. 

Ini merupakan launching pertama dan akan disusul di sembilan kampus lain. Program ini merupakan mandat dari Ditjen DIKTI kepada 10 Universitas, yakni IPB, UGM, Universitas Syiah Kuala, Universitas Negeri Gorontalo. Selain itu, Universitas Tanjungpura-Pontianak, Universitas Pattimura-Ambon, Universitas Mulawarman, Universitas Sutan Ageng Tirtayasa, Universitas Mataram, dan Universitas Negeri Lampung.

Ketua Konsorsium yang juga Rektor IPB Arif Satria mengatakan, Indonesia memiliki potensi kemandirian pangan karena memiliki banyak pengganti gandum seperti sorgum, jagung, singkong, ganyong, sukun dan sagu. Sedangkan krisis pangan dunia disebabkan harga gandum yang tinggi.  

“Secara teknologi sudah selesai, karena bisa bikin beras dari sagu, jagung atau sorgum. Tinggal bagaimana hilirisasi agar konsumsi meningkat dan menurunkan ketergantungan impor,” katanya. 

Yang diperlukan saat ini membuat produk berkualitas, yang bisa menghemat devisa dan memperluas lapangan kerja. Setidaknya sudah ada 10 proposal teknologi pangan yang akan diimplementasikan ke masyarakat. 

“10 kampus ini sudah menyusun proposal dan akan jadi koordinator di setiap wilayahnya,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: