10 Tahun Tekuni Bonsai Kelapa, Anggota DPRD Kulonprogo Ini Koleksi 1.000 Pohon

Kuntadi ยท Kamis, 26 Agustus 2021 - 08:48:00 WIB
10 Tahun Tekuni Bonsai Kelapa, Anggota DPRD Kulonprogo Ini Koleksi 1.000 Pohon
Anggota DPRD Kulonprogo Muhtarom Asrori menunjukkan koleksi bonsai kelapa miliknya. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.idBonsai tanaman menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat karena memiliki nilai ekonomi. Tanaman yang dibuat kerdil menjadi bagian untuk memperindah rumah dengan nilai mencapai jutaan rupiah

Bonsai tanaman sudah dilakoni Muhtarom Asrorie sejak sepuluh tahun lalu. Di sela waktu luang sebagai wakil rakyat di DPRD Kulonprogo dia masih sempat mengurus bisnis bonsai dan aneka jenis tanaman hias lainnya. Baginya berkebun merupakan aktivitas yang mengasyikkan ketika berada di rumah.

“Sebelum bonsai kelapa booming saja sudah menekuni sejak sepuluah tahun lalu,” kata politisi PAN saat ditemui di rumahnya di Ngestiharjo, Wates, Kulonprogo, Kamis (26/8/2021).

Ide mengembangkan bonsai pohon kelapa karena keprihatinannya dengan banyaknya buah kelapa di sekitar tempat tinggalnya. Hampir semua rumah memiliki pohon kelapa, yang harga jualnya cukup rendah. Apalagi kelapa jenis gading nyaris tidak laku dijual karena buahnya kecil.

Daripada buah-buah ini tidak dimanfaatkan dan berserakan, dia mulai menanam buah kelapa ini. Buah ini awalnya ditaruh di kebun sampai muncul tunas. Namun sekarang dia lebih memilih menanam di plastik polibag, agar tunas yang muncul bisa disesuaikan dengan bentuknya. Tanaman yang sudah jadi kemudian dipindah ke pot agar lebih menarik. 

“Medianya tidak harus tanah, bisa juga dengan air untuk mendapatkan akar yang lebih banyak. Agar lebih cantik juga bisa diisi dengan ikan hias,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: