1.725 Warga Kulonprogo Alami Gangguan Jiwa, Kehadiran Bandara YIA Picu Kenaikan Kasus

Kuntadi ยท Rabu, 29 Juni 2022 - 12:52:00 WIB
1.725 Warga Kulonprogo Alami Gangguan Jiwa, Kehadiran Bandara YIA Picu Kenaikan Kasus
Workshop impelementasi Perbup Pencegahan dan Pengendalian Gangguan Jiwa di Kulonprogo. (foto: iNews.id/Kuntadi)

KULONPROGO, iNews.id - Jumlah warga Kulonprogo yang mengalami gangguan jiwa tertinggi di DIY. Data di Dinas Kesehatan ada 1.725 Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang salah satunya dipicu kehadiran Bandara International Yogyakarta (YIA). 

“Kulonprogo yang tertinggi kasus ODGJ di DIY, dengan 1.725 jiwa,” kata Asisten I Sekda Kulonprogo Jazil Ambar Wasan pada Workshop Implementasi Peraturan Bupati (Perbup) Kulon Progo Nomor 85 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Daerah (RAD) Pencegahan dan Pengendalian Kesehatan Jiwa Kulonprogo yang diselenggarakan Pusat Rehabilitasi YAKKUM (PRY) di Pengasih Kulonprogo, Rabu (29/6/2022).

Menurutnya, Bandara YIA ikut meicu jumlah penderita ODGJ bertambah. Banyak warga Temon yang tertekan, kehilangan pekerjaan dan banyak pendatang. Warga yang dulunya hidup tenang dengan menggarap lahan pertanian kini berubah dengan kehidupan aerotropolis.  

"Keberadaan Bandara YIA punya potensi untuk menambah penderita gangguan jiwa di wilayah itu," katanya.

Terkait tingginya kasus ini, Pemkab Kulonprogo terus melakukan sejumlah upaya penanganan. Salah satunya bekerja sama dengan YAKKUM untuk melakukan pendampingan. Upaya ini harus didukung oleh pemerintah desa untuk ikut memberikan sosialisasi tentang kesehatan jiwa di masyarakat.  

"Kendala kami sebenarnya ada di lingkungan terdekat pasien. Belum semua keluarga siap karena masih ada yang menyembunyikan kasus ODGJ,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: