2 Perwira Korem 072 Pamungkas Yogyakarta Jadi Korban Kekejaman PKI

Priyo Setyawan ยท Jumat, 01 Oktober 2021 - 22:31:00 WIB
2 Perwira Korem 072 Pamungkas Yogyakarta Jadi Korban Kekejaman PKI
Lubang tempat mengubur ayat Brigjend Katamso dan Letkol Sugiyono di Kentungan, Sleman. (Foto: iNews.id/Priyo Setyawan)

YOGYAKARTA, iNews.id – Peristiwa Gerakan 30 September (Gestapu) atau G30S PKI tidak hanya terjadi di Jakarta, tetapi juga di Yogyakarta. Dua perwira TNI Angkatan Darat dibunuh PKI di Kentungan, Sleman. 

Kedua perwira ini adalah Brigjen Katamso yang menjabat Danrem 072 Pamungkas dan Letkol Inf Sugiyono yang menjabat sebagai Kasrem 072/Pamungkas. Jasadnya ditemukan di lubang Komplek Batalyon L yang kini menjadi Batalyon 403. 

Mengenai peristiwa itu, putra ke enam Kolonel Inf Anumerta Sugiyono, Ganis Priyono menceritakan, penculikan dan pembunuhan itu. Peristiwa kelam ini terjadi sesaat setelah ayahnya dilantik menjadi Kasrem 072 Pamungkas oleh Pangdam Diponegoro Di Makodam Semarang. Usai pelantikan, ayahnya ingin menghadap dan melapor ke Danrem 072 Pamungkas yang dijabat Kolonel Inf Katamso di Yogyakarta, 

Menggunakan mobil Gaz, Sugiyono berangkat ke Yogyakarta. Sampai di Magelang diberhentikan oleh Kapten Suryotomo dan diminta untuk tidak melanjutkan perjuangan ke Yogyakarta karena situasi sedang kacau. Namun hal itu tidak diindahkan dan tetap melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta.
 
“Meski sudah dicegah, tetapi ayahnya ngeyel. Sebab merasa harus menjalankan tugas melapor Danrem, jika sudah diangkat menjadi Kasrem,” kata Ganis.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2 3

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: