25 Tahun Kasus Pembunuhan Wartawan Udin, PWI Tuntut Polda DIY Usut Tuntas

Suharjono ยท Senin, 16 Agustus 2021 - 15:17:00 WIB
25 Tahun Kasus Pembunuhan Wartawan Udin, PWI Tuntut Polda DIY Usut Tuntas
Almarhum Fuad MUhammad Syafruddin alias Udin. (Foto: istimewa)

YOGYAKARTA, iNews.id - Kasus pembunuhan wartawan Fuad Muhammad Syafruddin alias Udin hari ini tepat memasuki tahun ke-25. Polisi sampai saat ini belum berhasil mengungkap siapa pelaku dan dalang dalam kasus tersebut. 

Dengan gelapnya penuntasan kasus Udin ini, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) DIY meminta kepolisian dalam hal ini Polda DIY untuk mengungkap siapa pelaku sebenarnya pembunuhan terhadap Udin. Selama ini masih ada anggapan Dwi Sumaji alias Iwik sebagai pelaku meskipun Pengadilan Negeri (PN) Bantul telah memutus Iwik bukan pelakunya.

"Putusan PN Bantul ini telah inkrah sehingga harus dihormati siapa pun termasuk kepolisian. Kalau polisi tak mampu mengungkap, PWI mendesak Polda DIY terus terang, kibarkan bendera putih,” kata Ketua PWI DIY Hudono dalam siaran pers yang diterima MNC Portal Indonesia, Senin (16/8/2021).

Dengan bendera putih, lanjutnya menunjukkan bahwa memang kepolisian tak mampu mengungkap kasus pembunuhan Udin dan dinyatakan secara terbuka. Pembunuhan Udin menjadi preseden buruk lemahnya perlindungan hukum kepada wartawan dan kemerdekaan pers. Untuk itu, semua pihak terutama kepolisian harus memberi perlindungan kepada wartawan dalam menjalankan profesinya agar terbebas dari segala bentuk ancaman, baik fisik maupun psikis. 

“Ini sejalan dengan Pasal 8 UU Pers bahwa dalam melaksanakan profesinya wartawan mendapat perlindungan hukum. Kami, PWI DIY berkomitmen terus mengawal kasus Udin,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: