40 Masjid dan 12 Mushola di Sleman Dapat Bantuan Rp5 Juta hingga Rp50 Juta

Antara ยท Senin, 18 Oktober 2021 - 15:37:00 WIB
40 Masjid dan 12 Mushola di Sleman Dapat Bantuan Rp5 Juta hingga Rp50 Juta
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan dana hibah keagamaan di Masjid Al Barokah Ngebong, Margorejo, Tempel, Senin (18/10/2021). (Foto : Antara /HO-Humas Sleman)

SLEMAN, iNews.id - Sebanyak 40 masjid, 12 mushola dan pondok pesantren di 17 kapanewon di Sleman menerima dana hibah keagamaan. Nilainya antara Rp5 juta hingga Rp50 juta. 

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo menyerahkan langsung dana hibah keagamaan itu di Masjid Al Barokah Ngebong, Margorejo, Kecamatan Tempel, Senin (18/10/2021).

Kustini mengatakan antusiasme masyarakat untuk mengakses dana hibah ini tinggi. Pengajuan yang masuk mencapai ratusan proposal. "Karena dana hibahnya terbatas, kami baru bisa memberikannya pada 60 penerima," katanya.

Dia menjelaskan program bantuan ini untuk meningkatkan kualitas sarana prasarana ibadah masyarakat melalui rehabilitasi atau renovasi sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan semangat beribadah bagi jamaah dalam rangka mewujudkan Sleman yang cerdas, religius, dan sejahtera.

"Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kegiatan ibadah, baik di masjid, mushalla, maupun ponpes," katanya.

Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman Elli Widiastuti mengatakan dana hibah keagamaan yang diberikan pada 2021 sebesar Rp1,5 miliar.

Mekanisme pemberian dana hibah ini, yaitu pengajuan proposal kepada Bupati Sleman kemudian dilakukan verifikasi oleh tim Pemkab Sleman. Besaran bantuan bervariasi antara Rp5 juta hingga Rp50 juta, sesuai SK bupati.

"Penerima dana hibah ini yaitu tempat ibadah yg telah memiliki nomor registrasi dari instansi berwenang (Kemenag), bisa mushola, masjid, pondok pesantren, gereja, pura, Taman Pendidikan Alquran (TPA). Tetapi, untuk 2021 hanya masjid, mushola, dan pondok pesantren sesuai proposal masyarakat," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: