50 Tahun Jadi Buruh Gendong Pasar Beringharjo, Wagiyem Baru Pertama Kali Ikut Upacara Bendera

erfan erlin · Rabu, 17 Agustus 2022 - 15:12:00 WIB
50 Tahun Jadi Buruh Gendong Pasar Beringharjo, Wagiyem Baru Pertama Kali Ikut Upacara Bendera
Para pedagang dan buruh gendong keliling pasar mengenakan pakaian ala anak sekolah usai upacara bendera. (Foto : MPI/erfan Erlin)

YOGYAKARTA, iNews.id-Wagiyem, perempuan berumur 73 ini terlihat berusaha tegak berdiri mengikuti upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI.  Upacara ini digelar di Taman Parkir Timur Pasar Beringharjo, Rabu (17/8/2022) pagi. 

Wajah semringah terlihat dari mimik muka wanita asal Kulonprogo ini. Rabu pagi, buruh gendong ini mengaku juga ingin menunjukkan rasa nasionalismenya untuk bangsa ini. Meski sudah sepuh (lanjut usia) ia tetap ikut upacara bendera.

Wagiyem mengaku sudah sejak pagi berangkat dari rumah di Kulonprogo. Dia berangkat menggunakan bus umum langgananya pukul 07.00 WIB. Meski mengaku harus meninggalkan pekerjaannya sebagai buruh gendong sebentar, namun Wagiyem mengaku tidak mempermasalahkannya. "Ndak papa. Nanti habis ini ganti baju terus buruh gendong lagi," tuturnya.

Wagiye m mengaku baru pertama kali mengikuti upacara bendera sejak menjadi buruh gendong lebih dari 50 tahun. Perasaan campur aduk ia rasakan setelah sekian lama tak pernah berdiri lama di tengah terik matahari.

Panas dan pegel ia rasakan karena harus berdiri nyaris 1 jam lamanya. Sinar matahari yang cukup terik membuatnya ingin menyudahi upacara. Namun ia mengaku mencoba bertahan meski keringat mengucur dari sekujur tubuhnya.

Untuk mengikuti upacara tersebut, ia tidak perlu repot membeli baju seragam, Karena yang ia kenakan saat ini adalah baju seragam buruh gendong ketika melakukan pertemuan seminggu sekali di Kepatihan. Dan untuk merias diri atau dandan, Wagiyem mengaku perlu waktu sekitar satu jam.

Rabu (17/8/2022) pagi, ratusan pedagang dan buruh gendong pasar Beringharjo menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke 77. Mereka dengan hikmat mengikuti upacara tersebut.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: