5.914 Rumah Tangga di Yogyakarta Diusulkan Terima Set Top Box

Antara ยท Kamis, 04 Agustus 2022 - 21:02:00 WIB
 5.914 Rumah Tangga di Yogyakarta Diusulkan Terima Set Top Box
Set top box (STB) televisi digital yang nantinya dibagikan untuk rumah tangga miskin (RTM). (Foto Ilustrasi : Antara)

YOGYAKARTA, iNews.id - Sebanyak 5.914 rumah tangga miskin di Yogyakarta diusulkan sebagai penerima bantuan set top box (STB) peralihan dari siaran TV analog ke TV digital. Yogya menjadi bagian dari ratusan kabupaten/kota yang akan menerima bantuan STB untuk rumah tangga miskin.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kota Yogyakarta Edi Sugiharto mengatakan data 5.914 rumah tangga miskin ini merupakan hasil verifikasi dan validasi di wilayah yang sudah dilakukan oleh kelurahan dan kecamatan.

"Kota Yogyakarta menjadi bagian dari 341 kabupaten/kota di seluruh Indonesia yang akan menerima bantuan set top box untuk rumah tangga sasaran yaitu keluarga miskin," kata Edi Sugiharto.

Berdasarkan data awal, terdapat hampir 20.000 rumah tangga miskin yang berpotensi menjadi penerima bantuan STB di Kota Yogyakarta.

Namun demikian, setelah dilakukan verifikasi sesuai syarat sebagai calon penerima, maka hanya tersisa sebanyak 5.952 rumah tangga miskin yang kemudian diverifikasi kembali secara faktual di lapangan dan hanya 5.914 yang memenuhi ketentuan.

Sejumlah ketentuan yang menjadi syarat bagi rumah tangga miskin sebagai calon penerima bantuan set top box di antaranya adalah terdaftar di data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial, memiliki TV analog dan menikmati siaran terestrial, dan lokasi rumah tangga berada dalam jangkauan siaran TV digital.

"Jika di dalam satu rumah terdapat lebih dari satu keluarga miskin, berbeda kartu keluarga (KK), maka hanya dapat menerima satu unit set top box saja," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: