Ada Gugatan di MK, KPU DIY Belum Bisa Tetapkan Caleg DPRD Terpilih

Kuntadi ยท Kamis, 25 Juli 2019 - 18:23 WIB
Ada Gugatan di MK, KPU DIY Belum Bisa Tetapkan Caleg DPRD Terpilih
KPU DIY belum menetapkan caleg DPRD terpilih periode 2019-2024. (Foto: ilustrasi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY belum bisa menetapkan calon anggota legislatif (Caleg) DPRD DIY terpilih periode 2019-2024.

Penyebabnya, masih ada gugatan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) dari caleg DPRD DIY asal PKB di Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengatakan, gugatan yang diajukan Fitroh Nur Wijoyo Legowo, caleg PKB DIY dapil Kulonprogo ini baru memasuki masa putusan sela. “Baru putusan sela kita maih menunggu sidang lanjutan,” katanya, Kamis (25/7/2019).

Dia mengatakan, hakim masih akan melakukan agenda sidang dengan tahapan pembuktian. KPU DIY hanya bisa menunggu keputusan final yang akan disampaikan oleh MK. “Kalau untuk Berkarya (nasional) sudah. Kita masih menunggu (PKB),” ujar Hamdan.  

Sesuai jadwal, MK akan menggelar sidang dengan agenda putusan antara tanggal 6 sampai dengan 9 Agustus mendatang. Begitu MK menjatuhkan KPU akan langsung menyikapi dengan melakukan penetapan hasil pemilu. Rencananya hasil pemilu untuk DPRD DIY akan ditetapkan pada  8 sampai 12 Agustus. “Begitu MK ketok palu, kita akan langsung sikapi,” katanya.

BACA JUGA: Rebut 12 Kursi di DPRD Kulonprogo, Sekretaris PDIP: Ini Hasil Perjuangan Kader

KPU DIY memastikan hasil pemilu akan ditetapkan sebelum masa jabatan DPRD DIY periode 2014-2019 berakhir. Sesuai pelantikan dulu dilakukan pada akhir Agustus mendatang. Sehinga masih ada waktu jika nanti, hasil putusan MK keluar pada awal Agustus. “Semoga proses pelantikan sesuai dengan periode,” ujarnya.

Hamdan juga memastikan dari lima penetapan hasil pemilu di kabupaten/kota tidak ada masalah. Semuanya berjalan sesuuai dengan hasil rekapitulasi suara sebelumnya.

Anggota Bawaslu DIY Sri Rahayu Werdiningsih mengatakan dalam penetapan caleg terpilih di nlima kabupaten berlangsung lancar tidak ada masalah. Baik dari parpol dan panwas juga tidak ada yang mengajukan keberatan.

Sebab hasil ini sudah disepakati dan diterima dalam proses rekapitulasi perolehan suara yang dilakukan oleh KPU dalam tahap sebelumnya. “Di lima kabupaten/kota tidak ada masalah, semuanya lancar,” ucapnya.

Namun, di Kabupaten Kulonprogo masih ada gugatan dugaan pelanggaran administrasi kepada terlapor KPU Kulonprogo dan caleg terpilih dari Partai Gerindra Sendy Yulistya Prihandini. “Kita tunggu putusan Bawaslu Kulonprogo nanti seperti apa,” katanya.

 


Editor : Kastolani Marzuki