Ada Posyandu Remaja di Purworejo, Begini Kegiatannya

Joe Hartoyo · Rabu, 06 Juli 2022 - 11:28:00 WIB
Ada Posyandu Remaja di Purworejo, Begini Kegiatannya
Para remaja di Desa Munggangsari, BGrabag, Purworejo menjalani pemeriksaan kesehatan di Posyandu remaja. (foto: iNews.id/Joe Hartoyo)

PURWOREJO, iNews.id - Pos pelayanan terpadu (Posyandu) selama ini identik dengan anak-anak bawah lima tahun (balita. Namun di Kabupaten Purworejo ada Posyandu untuk anak Remaja. 

Posyandu Remaja ini pertama kali didirikan di Desa Munggangsari, Kecamatan Grabag, Purworejo. Ini merupakan pilot project sebelum dikembangkan di desa-desa lain Tujuannya untuk membentengi mereka dari pengaruh negatif dari media sosial.  

Salah satu kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa (5/7/2022) dengan menggelar lokakarya mini lintas sektoral, menghadirkan Psikolog Klinis RSUD Tritrowardoyo, Retno Setyowato. 

“Anak remaja usia 12-18 perlu mendapat pendampingan agar masa depan mereka tidak rusak akibat dampak negatif media sosial,” kata Retno.

Menurutnya, Posyandu Remaja ini menjadi terobosan baru, agar anak-anak bisa tumbuh sehat secara mental dan fisiknya. Posyandu ini diarahkan untuk memahami tahapan usia dan perkembangan siklus hidup manusia. Salah satu tantangan terbesar adalah pada proses mencari jati diri. 

“Kami harap dalam proses mencari jati diri, mereka bisa membawa diri dan tidak terjebak pada hal negatif,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: