Agenda Pertemuan G20 di Yogyakarta Dongkrak Okupansi Hotel hingga 20 Persen

Antara · Kamis, 24 Maret 2022 - 20:56:00 WIB
Agenda Pertemuan G20 di Yogyakarta Dongkrak Okupansi Hotel hingga 20 Persen
Sejumlah tamu di Grand Inna Malioboro melakukan reservasi kamar. (Foto: iNews.id/Kuntadi)

YOGYAKARTA, iNews.id – Agenda Pertemuan G20 di Yogyakarta mampu mendongkrak tingkat okupansi hotel di wilayah DIY. Hampir semua hotel okupansinya terdongkrak hingga 20 persen. 

“Untuk hotel bintang empat dan lima, okupansinya bisa 30 persen bahkan bisa 50 persen,” kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono, Kamis (24/3/2022)

Pertemuan G20 ini banyak menggunakan venue pertemuan di Hotel Royal Ambarrukmo, Hotel Tentrem, Sheraton Mustika dan Hyatt pertemuan G20. Namun beberapa hotel bintang empat dan lima lainnya juga ikut dipilih sebagai tempat menginap pendamping atau keluarga para delegasi G20.

"Ternyata delegasi G20 banyak yang bawa keluarga. Hampir enam hotel yang terpakai meski itu di luar penunjukan oleh panitia G20," ujar Deddy.

Dampak positif dari agenda G20, lanjut dia, juga ikut dirasakan hotel bintang tiga ke bawah. Pemilihan DIY sebagai salah satu destinasi penyelenggaraan pertemuan G20 menegaskan bahwa provinsi ini aman, nyaman, dan sehat untuk disinggahi.

"Kalau tidak aman, nyaman, dan sehat tentunya tidak dipilih sebagai tempat penyelenggaraan G20," ujar dia.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: