Aktivitas Merapi Menurun, Pengungsi Turgo Dipulangkan

Priyo Setyawan ยท Senin, 08 Februari 2021 - 17:58:00 WIB
Aktivitas Merapi Menurun, Pengungsi Turgo Dipulangkan
Para pengungsi warga Turgo, Purwobinangun, Pakem di barak pengungsian Purwobinangun, Pakem, Sleman, Senin (8/2/2021). (Foto : Dok TRC BPBD Sleman)

SLEMAN, iNews.id-Pemkab Sleman akan memulangkan warga Turgo, Purwobinangun, Pakem, Sleman yang sekarang mengungsi di barak Purwobinangun dan SD Sanjaya Tritis. Data Posko pengungsian, di dua tempat itu, hingga Senin (8/2/2021) tercatat ada 174 pengungsi.  

Rinciannya di Barak Purwobinangun  ada 136 orang dan SD Sanjaya Tritis, sebanayak 38 orang.

Mereka  mengungsi sejak  Rabu (27/1/2021),  setelah  aktivitas  Gunung Merapi mengeluarkan rentetan  awan panas guguran 52 kali  ke arah barat daya hulu Sungai Krasak dan Boyong dengan jarak luncur antar 500 m-3000 m. Sehingga Pemkan Sleman memutuskan  mengungsikan warga Turgo, terutama di RT 3 dan 4 yang berada di dekat Sungai Boyong. 

Namun karena Turgo  masuk radius aman dan aktivitas Gunung Merapi menurun, maka mereka diperbolehkan pulang. Para pengungsi ini rencananya akan dipulangkan, Selasa (9/2/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sleman  Joko Supriyanto mengatakan, sesuai rekomendasi BPPTKG dengan status  aktivitas Gunung Merapi level III (siaga) maka radius jarak aman 5  km dari puncak Merapi dan bahaya lontaran material 3 km. 

Sedangkan jarak Turgo sekitar  6,5 km dari puncak.  Sehingga bukan yang direkomendasikan masuk daerah bahaya. Dengan kondisi  itu maka  memutuskan akan memulangkan warga  warga Turgo yang sekaang  di barak  pengungsian.

“Kami baru saja melakukan rapat koordinasi dengan Muspika Pakem, Unit dalops Pakem,  unit Pelaksanan Kalurahan Purwobinangun dan perwakilan warga hasilnya para pengungsi boleh pulang,”  kata Joko, Senin (8/2/2021).

Joko menjelaskan dalam rapat kooordinasi (rakor)  tersebut memberikan  dua opsi kepada warga, apakah tetap bertahap atau ingin pulang. Jika bertahan tetap akan ditanggung selama di pengungsian dan kalau pulang, akan difasilitasi kendaraan.  Hasilnya  warga  menyatakan memilih untuk pulang ke rumahnya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: