Amerika Serikat Batasi Visa Masuk Anggota Partai Komunis China

Anton Suhartono ยท Kamis, 03 Desember 2020 - 15:12:00 WIB
Amerika Serikat Batasi Visa Masuk Anggota Partai Komunis China
Amerika Serikat akan membatasi visa masuk bagi anggota Partai Komunis China dari 10 tahun menjadi 1 bulan (Foto: Reuters)

NEW YORK, iNews.id - Anggota Partai Komunis China tak akan bebas lagi berkunjung ke Amerika Serikat (AS) seperti sebelumnya. Pemerintahan Presiden Donald Trump dilaporkan akan menerapkan aturan baru yang membatasi perjalanan anggota Partai Komunis China serta keluarga mereka ke AS.

Dua orang sumber yang mengetahui permasalahan ini mengatakan kepada The New York Times, Kamis (3/12/2020), kebijakan yang akan berlaku dalam waktu dekat itu membatasi visa perjalanan untuk anggota partai serta keluarga mereka menjadi 1 bulan untuk sekali kedatangan.

Seorang juru bicara Departemen Luar Negeri AS membenarkan informasi itu dengan mengatakan, validitas visa untuk anggota Partai Komunis China dan keluarga dikurangi dari 10 tahun menjadi 1 bulan. Langkah tersebut merupakan bagian dari penerapan kebijakan yang sedang berlangsung, yakni penegakan hukum di seluruh wilayah pemerintahan AS untuk melindungi negara dari pengaruh buruk Partai Komunis China. Selain itu, langkah ini sebagai respons karena China tak memberikan keleluasaan yang sama bagi warga AS.

“Selama beberapa dekade kami mengizinkan CCP (Partai Komunis China) mendapat akses gratis dan tidak terbatas ke institusi dan bisnis AS sementara hak istimewa yang sama tidak pernah diberikan kepada warga AS di China," kata juru bicara.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2