Anggota DPRD Bantul Ditetapkan Jadi Tersangka, Polisi: Ada 3 Kasus Penipuan CPNS

Yohanes Demo ยท Senin, 03 Oktober 2022 - 14:15:00 WIB
Anggota DPRD Bantul Ditetapkan Jadi Tersangka, Polisi: Ada 3 Kasus Penipuan CPNS
Wadir Reskrimum Polda DIY, AKBP Tri Panungko didampingi Kasubbid Penmas Polda DIY saat menunjukkan barang bukti kasus penipuan dan penggelapan yang melibatkan anggota DPRD Bantul, ESJ. (Foto: MPI/Yohanes Demo)

SLEMAN, iNews.id - Polda DIY menetapkan oknum anggota DPRD Bantul berinisial ESJ sebagai tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan. Setidaknya ada tiga kasus penipuan dalam penerimaan PNS dan P3K di lingkungan Pemkab Bantul yang dilaporkan.
 
Wadir Reskrimum Polda DIY, AKBP Tri Panungko mengatakan, dalam kasus tersebut tersangka mengelabui para korbannya dengan dalih bisa membantu mengurus proses penerimaan PNS di lingkungan Pemkab Bantul.

"Korban adalah anak-anak dari para pelapor. Jadi ESJ ini mengaku bisa menjadi perantara agar para korban bisa diterima menjadi PNS atau pegawai P3K," kata dia di Mapolda DIY, Senin (03/10/2022).

Agar korban bisa diterima menjadi PNS, korban diminta menyetorkan uang senilai Rp250 juta. Karena percaya, korban pun tidak ragu untuk menyetor sejumlah uang yang diminta dengan cara dicicil. 

"Korban pertama menyetor uang senilai Rp150 juta dan dijanjikan diterima sebagai pegawai P3K. Korban kedua Rp75 juta dijanjikan diterima sebagai guru SD, dan korban ketiga total kerugian Rp50 juta dijanjikan diterima sebagai guru," ujarnya.

Ketika waktu pengumuman, ketiganya tidak lolos meskipun sudah menyetorkan uang kepada tersangka. Merasa tertipu, pada tanggal 24 Maret 2022, ketiganya melaporkan kejadian tersebut ke Polda DIY.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: