Jadi Tersangka Kasus Penipuan CPNS, Anggota DPRD Bantul Ini Terancam 4 Tahun Penjara

Yohanes Demo · Senin, 03 Oktober 2022 - 13:37:00 WIB
Jadi Tersangka Kasus Penipuan CPNS, Anggota DPRD Bantul Ini Terancam 4 Tahun Penjara
Enggar Suryo Jatmiko alias ESJ alias Miko (kaos orange) saat dihadirkan dalam konferensi pers di Polda DIY. (Foto : MPI/ Yohanes Demo)

YOGYAKARTA, iNews,id-Polda DIY akhirnya menetapkan Enggar Suryo Jatmiko alias ESJ alias Miko (37), anggota DPRD Kabupaten Bantul sebagai tersangka atas kasus penipuan dan penggelapan. Dia terancam dengan hukuman 4 tahun penjara.

Politikus Partai Gerindra itu sebelumnya dijemput paksa oleh penyidik Polda DIY di kediamannya, Kalurahan Bangunharjo, Kapanewon Sewon, Bantul pada hari Sabtu (30/09/2022) sore sekitar pukul 15.00 WIB .

Wadir Reskrimum Polda DIY, AKBP Tri Panungko mengatakan, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP dan atau pasal 372 KUHP dengan hukuman 4 tahun penjara.

"Jadi ESJ akan langsung kita tahan. pasal 378 dan 372 ini termasuk pasal pengecualian, jadi walaupun masa tahanan hanya 4 tahun tetap akan dilakukan penahanan," ujarnya, Senin (03/10/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa Ketua Komisi D DPRD Bantul ini masih dalam pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui keterlibatan pihak lain dalam perkara ini. 

"Terkait keterlibatan pihak lain sampai saat ini kami belum temukan. Tetapi akan kita dalami lagi," ujarnya .

Dijelaskan, kasus penipuan yang dilakukan Miko adalah dengan menjanjikan untuk membantu korbannya agar lolos dalam proses penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemkab Bantul dengan meminta imbalan sejumlah uang.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: