Anies Baswedan Kagum dengan Semangat Sri Sultan HB IX

erfan erlin · Rabu, 16 November 2022 - 17:55:00 WIB
Anies Baswedan Kagum dengan Semangat Sri Sultan HB IX
Anies Rasyid Baswedan menghadiri deklarasi dirinya menjadi calon presiden oleh Forum Ka'bah Membangun dan Forum Ulama Membangun di Jalan Magelang, Sleman. (Foto : MPI/erfan erin)

SLEMAN, iNews.id- Anies Rasyid Baswedan menghadiri deklarasi dirinya menjadi calon presiden oleh Forum Ka'bah Membangun dan Forum Ulama Membangun. Ribuan orang menghadiri acara deklarasi tersebut. Bahkan sejak beberapa jam sebelumnya sudah banyak lalu lalang pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dalam sambutannya Anies mengatakan, Yogyakarta merupakan rumahnya. Bahkan tadi sebelum menuju ke lokasi acara, dirinya sempat bertemu dengan salah satu gurunya. Karena sejak SD, SMP, SMA dan juga kuliah ada di Yogyakarta ini.

Menurutnya Yogyakarta adalah kota perjuangan. Ketika Republik Indonesia mendapat ancaman, bahkan ketika republik ini menghadapi ancaman ketidakpastian masa depan waktu itu, maka dipilihlah Yogyakarta sebagai ibukota negara.

"Dari kota ini perjuangan diteruskan. Kemudian terjadilah peristiwa-peristiwa bersejarah lainnya,"tutur dia, Rabu (16/11/2022)..

Menurut Anies, Kota Yogyakarta ini menjadi kota yang paling subur tumbuh semangat perjuangan. Mereka masih ingat keteladanan dari Sri Sultan HB IX yang memberikan tahtanya untuk rakyat, untuk republik dan menggunakan kekuatan seluruh tahtanya untuk melindungi republik muda. 

Dan hal tersebut diikuti oleh seluruh rakyatnya dengan iuran harta, gotong-royong, iuran pemikiran, iuran tenaga bahkan sebagian iuran nyawa untuk republik ini agar bisa bertahan merdeka.

"Dan semua itu dilakukan tanpa bertanya saya nanti dapat apa, saya nanti dapat balasan apa. Semua dilakukan dengan semangat kemerdekaan adalah jembatan emas untuk kesejahteraan warga," kata dia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: