Arkeolog Israel Ini Temukan Masjid Kuno Berusia 1.200 Tahun

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 13:15:00 WIB
 Arkeolog Israel Ini Temukan Masjid Kuno Berusia 1.200 Tahun
Sejumlah pria menunaikan shalat di salah satu bekas masjid kuno yang ditemukan di Gurun Negev, beberapa waktu lalu. (Foto: Reuters)

PALESTINA, iNews.id – Luar biasa, sejumlah arkeolog Israel menyingkap penemuan sebuah masjid kuno yang langka di Gurun Negev, pada Rabu (22/6/2022). Penemuan itu dapat menjelaskan transisi penduduk di kawasan itu dari Kristen ke Islam.

Bangunan masjid itu ditemukan di tengah proyek pembangunan lingkungan baru di Kota Rahat. Dari sisa-sisa bangunan yang masi ada, masjid itu diyakini berusia lebih dari 1.200 tahun. 

Menurut Otoritas Barang Antik Israel (IAA), masjid itu terdiri atas ruangan persegi dan dinding yang menghadap ke arah Makkah. 

Ada ceruk setengah lingkaran di dinding itu mengarah ke selatan, yang diduga sebagai mihrab atau tempat imam berdiri saat memimpin shalat berjamaah.

“Fitur arsitektur unik ini menunjukkan bahwa bangunan itu digunakan sebagai masjid,” kata pihak berwenang Israel. 

Mereka mencatat bahwa rumah ibadah itu mungkin dapat menampung puluhan jamaah sekaligus.

Tidak jauh dari masjid tersebut, tim arkeolog juga menemukan sebuah bangunan mewah dengan sisa-sisa peralatan makan dan artefak kaca di dalamnya. Menurut IAA, keberadaan benda-benda tersebut menunjukkan status sosial atau kekayaan penghuni dari bangunan itu.

Tiga tahun lalu, pihak berwenang Israel menemukan masjid lain di dekat lokasi itu. Masjid tersebut juga berasal dari era yang sama, yakni antara abad ketujuh hingga kedelapan Masehi. IAA menyebutkan, dua tempat ibadah umat Islam itu menjadi beberapa di antara masjid yang paling awal dikenal di seluruh dunia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: