Partai Nasdem Munculkan 3 Kandidat Capres, Begini Pandangan Pengamat Politik UMY

Kuntadi ยท Kamis, 23 Juni 2022 - 10:53:00 WIB
Partai Nasdem Munculkan 3 Kandidat Capres, Begini Pandangan Pengamat Politik UMY
Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengumumkan tiga nama yang menjadi bakal calon presiden (capres) dalam penutupan Rakernas Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022) malam. (Foto: Antara)

BANTUL, iNews.id - Sejumlah partai politik mulai menyiapkan kandidat calon presiden (capres) yang akan diusung pada pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. Salah satunya Partai Nasdem yang sudah terang-terangan merekomendasikan tiga bakal calon presiden, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Jenderal Andika Perkasa.  

Pengamat politik Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Tunjung Silaksono mengatakan, munculnya kandidat calon merupakan hal wajar menjelang pilpres 2024. Nama-nama yang muncul cukup berpeluang, karena figur dan ketokohannya menjadi kunci pemenangan dalam pilpres 

“Ini merupakan hal wajar, parpol mulai mengusung kandidat calon yang memiliki ketokohan,” kata Tunjung, Kamis (23/6/2022).

Menurutnya, salah satu syarat capres harus diusung oleh parpol dengan perolehan minimal 20 persen kursi DPR. Hal ini tertuang dalam Undang-Undang Pemilu No 7 Tahun 2017. Artinya ketokohan dan figur tidak cukup karena harus diusung partai politik. 

Secara politis, kata dia, Nasdem berharap adanya implikasi masyarakat untuk melihat sebagai partai dan memberikan keuntungan dalam pemilu legislatif. Menariknya dari ketiga kandidat tidak ada yang merupakan kader partai. 

“Bisa saja agar Partai Nasdem tercatat sebagai partai yang berani memunculkan capres pertama. Bisa dibilang untuk menarik perhatian masyarakat,” ujarnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: