AS Kirim Senjata Lagi ke Ukraina, Ada 4 HIMARS hingga 32 Howitzer

Umaya Khusniah ยท Rabu, 05 Oktober 2022 - 19:57:00 WIB
 AS Kirim Senjata Lagi ke Ukraina, Ada 4 HIMARS hingga 32 Howitzer
Amerika Serikat (AS) terus mengirimkan persenjataan militer ke Ukraina. (Foto : Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Amerika Serikat (AS) terus mengirimkan persenjataan militer ke Ukraina. Terbaru, negeri adidaya itu akan mengirimkan sistem persenjataan HIMARS hingga Howitzer.

Terbaru Presiden AS Joe Biden menjanjikan paket bantuan keamanan senilai 625 juta Dolar AS atau sekitar Rp9 triliun ke Ukraina. 

Rusia menilai pemberian bantuan semacam ini berisiko bentrokan militer langsung antara militer Moskow dengan Barat. 

Komitmen paket bantuan militer ini disampaikan langsung oleh Joe Biden dalam panggilan telepon dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Wakil Presiden Kamala Harris.

"Joe Biden menggarisbawahi bahwa Washington tidak akan pernah mengakui pencaplokan wilayah Ukraina oleh Rusia," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, Selasa (4/10/2022). 

Biden juga berjanji untuk terus mendukung Ukraina untuk mempertahankan diri dari agresi Rusia selama yang diperlukan.

Pengumuman ini akan menandai bantuan keamanan AS senilai lebih dari 16,8 miliar dolar AS sejak Rusia menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan dalam rilisnya, paket itu mencakup empat Peluncur Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi (HIMARS) dan roket terkait, 32 Howitzer dengan 75.000 butir amunisi, 200 kendaraan yang Dilindungi Ambush Tahan Ranjau (MRAP), dan ranjau anti-personil Claymore.

HIMARS digunakan dalam serangan balasan Ukraina yang sukses dan memaksa pasukan Rusia mundur.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: