Bangkitkan Ekonomi Nasional, Mendag: UMKM Harus Berkembang

Budi Utomo ยท Jumat, 16 Oktober 2020 - 17:45 WIB
Bangkitkan Ekonomi Nasional, Mendag: UMKM Harus Berkembang
Mendag Agus Suparmanto menyaksikan penandatangan kerjasama untuk memajukan UMKM. (Foto: iNews.id/Budi Utomo)

YOGYAKARTA, iNews.id – Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto akan menggeliatkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk membangkit perekonomian nasional. Berbagai kalangan dan dunia usaha akan digandeng untuk memajukan UMKM.

Ekonomi nasional sekarang minus 5,32, untuk memulihkan ekonomi nasional kami akan dorong sektor UMKM,” kata Agus dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Pemberdayaan UMKM melalui Pemanfaatan Fasilitas Perhotelan, Jasa Akomodasi dan Dukungan Perbankan di Yogyakarta, Jumat (16/10/2020).

Untuk mengembangkan UMKM perlu dukungan dari berbagai pihak dalam meningkatkan kinerja dan pembinaan. Hal ini dimulai dari kalangan perhotelan yang didukung perbankan. Kerjasama pengadaan barang dan jasa fasilitas perhotelan dan jasa akomodasi, menjadi salah satu upaya agar UMKM bisa berkembang.

Hotel sengaja dipilih karena memiliki peluang yang cukup terbuka untuk menampung produk UMKM. Mulai dari memasok kebutuhan buah sampai dengan kebutuhan bahan pangan. Selama pandemi ini jual beli makanan dan obat-obatan tidak mengalami surut.

Kementerian juga tengah berupaya memberikan kemudahan bagi UMKM untuk mengekspor produknya. Sebelumnya, akan dilakukan pembinaan agar produk yang dihasilkan lebih berkualitas.

“Kami ada ada program business matching, ada promotion center dan trade export yang bisa dijadikan ajang meningkatkan UMKM,” katanya.

Sementara itu, Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan minat masyarakat akan produk UMKM. Secara masif pihaknya telah melakukan edukasi kepada pelaku UMKM untuk memasarkan produk secara online.

“Penjualan online naik 400 persen, tetapi bukan berarti offline ditutup. UMKM harus bisa mengakses penjualan online,” katanya.




Editor : Kuntadi Kuntadi