Bantul Ajak Pelaku Usaha di Pantai Selatan Bangun Pariwisata yang Beri Kenyamanan

Antara ยท Selasa, 19 Juli 2022 - 07:46:00 WIB
 Bantul Ajak Pelaku Usaha di Pantai Selatan Bangun Pariwisata yang Beri Kenyamanan
Sejumlah warung di Pantai Depok, Bantul terancam ambruk karena abrasi. (Foto dok: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Para pelaku usaha jasa kawasan pantai selatan diminta membangun pariwisata yang memberikan kenyamanan bagi wisatawan. Pemkab Bantul akan mengajak mereka berdiskusi untuk membangun kesamaan presepsi.

"Antara kami di pemerintah kabupaten dengan kecamatan, desa, tokoh masyarakat dan perwakilan pelaku akan kita ajak diskusi, agar ke depan kita harus punya konsepsi membangun pariwisata ini betul-betul bisa memberikan kenyamanan," kata Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru Prabowo di Bantul, Senin (18/7/2022).

Kwintarto mengatakan, terkait dengan bangunan usaha yang sekarang sudah berdiri di tepi pantai akan diambil langkah seperti apa, serta akan didiskusikan solusinya dengan para pelaku usaha dan tokoh masyarakat setempat.

Dia mengatakan, hal itu sebagai tindak lanjut atas kejadian gelombang tinggi yang melanda perairan pantai selatan Bantul, dan terutama di Pantai Depok yang berdampak pada kerusakan beberapa bangunan usaha yang ada di bibir pantai akibat diterjang ombak pada Sabtu (16/7/2022).

Menurut dia, setiap tahun di pantai selatan terjadi abrasi akibat gelombang pasang, sehingga untuk hal-hal yang berpotensi rawan dan membahayakan keselamatan agar menjadi perhatian bersama, di antaranya agar tidak ada bangunan yang bisa membahayakan.

"Jadi, ke depan tidak setiap saat kita tahun ini disini melarang, tetapi besok bangunan pindah lagi, makanya kalau bisa nanti terbangun kesadaran bahwa titik-titik yang rawan ini memang harus 'free space area' untuk wisatawan," katanya.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel: