Bantul Terima 800 Dosis Vaksin PMK, Prioritas untuk Ternak Sehat

Antara · Kamis, 21 Juli 2022 - 21:30:00 WIB
Bantul Terima 800 Dosis Vaksin PMK, Prioritas untuk Ternak Sehat
Wakil Bupati bantul Joko Purnomo saat peluncuran vaksinasi PMK di Desa Poncosari, Srandakan, Bantul, Rabu (29/6/2022). (Foto : Dok Humas Wabup)

BANTUL, iNews.id - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bantul kembali menerima 800 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK). Vaksin ini akan diprioritaskan untuk ternak yang masih sehat.

Pemkab Bantul sebelumnya menerima sebanyak 300 dosis dari pemerintah pusat. "Untuk PMK kita sudah mencapai angka 3.000 lebih, tapi mulai kemarin kita sudah melaksanakan vaksinasi untuk yang kedua, tahap pertama dapat alokasi 300 dosis, untuk minggu ini kita dapat 800 dosis," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul Joko Waluyo di Bantul, Kamis (21/7/2022).

Dia mengatakan, vaksin anti PMK tersebut diterima beberapa hari lalu dan sudah mulai disuntikkan kepada ternak-ternak milik kelompok peternak di Bantul pada Selasa (19/7/2022) dan berlangsung hingga beberapa hari setelahnya.

Joko Waluyo mengatakan, vaksin PMK tahap dua diprioritaskan untuk ternak-ternak terutama sapi yang dalam kondisi sehat dan berada di zona hijau atau wilayah yang aman dari persebaran virus yang menyerang mulut dan kuku tersebut.

"Kita sebar ke Bantul yang daerah-daerah masih belum merah, yang jelas itu ternak harus sehat, karena vaksin itu salah satu bibit penyakit, jadi kalau ternak tidak sehat kita tidak berani vaksinasi, karena malah tambah sakit," katanya.

Dia mengatakan, target vaksinasi PMK tersebut juga merata di hampir semua kecamatan, dalam penyuntikan vaksin melibatkan dokter kesehatan hewan dinas dan petugas pusat kesehatan hewan (puskeswan) masing-masing kecamatan.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: