Baru 16 Perusahaan di Bantul yang Terima Penyandang Disabilitas, Begini Kondisinya

Kuntadi · Kamis, 18 Agustus 2022 - 20:51:00 WIB
Baru 16 Perusahaan di Bantul yang Terima Penyandang Disabilitas, Begini Kondisinya
Penyandang disabilitas (Foto: istimewa)

BANTUL, iNews.id - Penyandang disabilitas yang terserap di dunia kerja masih sangat terbatas. Dari ribuan perusahaan swasta yang ada di Bantul, baru 16 yang mempekerjakan kaum diffabel. 

“Dari 1.900 perusahaan swasta yang wajib lapor, baru ada 16 perusahaan yang membuka lapangan kerja bagi disabilitas,” kata Kepala Disnakertrans Bantul Istirul Widilastuti  Bantul, Kamis (18/8/2022).

Istirul mengatakan, masih banyak formasi pekerjaan yang belum terisi. Sedangkan akses informasi lowongan kerja bagi disabilitas masih sangat terbatas. Hal ini menjadikan mereka sulit terserap. Untuk itulah dinas akan terus mengintensifkan penyuluhan dan sosialisasi. 
 
Dinas juga mendorong perusahaan swasta maupun negeri untuk bisa mempekerjakan penyandang disabilitas. Hal ini diatur dalam Undang-undang Nomor 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas. 

"Karena mendorong perusahaan di Bantul untuk membuka peluang bagi penyandang disabilitas," ujar dia. 

Disnakertrans Bantul juga membuka Unit Layanan Disabilitas Bidang Ketenagakerjaan. Program ini untuk memberikan informasi serta membantu penempatan kerja bagi penyandang disabilitas. 

"Sudah ada amanat dari tingkat pemerintah pusat dan daerah untuk mengakomodir penyandang disabilitas," katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: