Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman di Tepus, Danramil Ditandu Polisi 5 Kilometer

erfan erlin ยท Kamis, 18 Agustus 2022 - 17:55:00 WIB
Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman di Tepus, Danramil Ditandu Polisi 5 Kilometer
Danramil Tepus ditandu polisi dalam Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman. (Foto: istimewa)

GUNUNGKIDUL, iNews.id - Sebanyak 1.200 orang mengikuti prosesi Napak Tilas Rute Jenderal Soedirman yang dilaksanakan di Kalurahan Tepus, Kapanewon Tepus, Gunungkidul, Kamis (18/8/2022). Kegiatan ini mampu merekatkan hubungan antara TNI, Polri dan masyarakat yang berjalan sejauh 5 kilometer menyusuri rute pertempuran. 

Dalam aksi napak tilas ini, juga menggunakan Tandu “Jenderal Sudirman” dengan berjalan kaki sejauh lima kilometer dari lapangan Cingkrang Hillss menuju Klumpit. Ribuan warga diberangkatkan oleh Kapolsek Tepus di Kalurahan Tepus dengan melepas peserta pembawa tandu yang merupakan simbolisasi Tandu Sudirman. 

Kolaborasi apik tercipta antara TNI dan Polri, sebab Danramil Tepus, Kapten Infanteri Suwardi yang berperan sebagai Jenderal Soedirman ditandu oleh anggota Polsek Tepus yang dipimpin Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto didampingi Panewu Tepus Alsito. Danramil hanya berjalan ketika melalui medan sulit.

“Napak Tilas ini untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-77 dengan menyusuri rute Perang Gerilya Jenderal Soedirman,” ujar Ketua Panitia, Heri Kaur, Kamis (18/8/2022). 

Acara Napak Tilas Rute Gerilya Jenderal Soedirman ini merupakan hajatan yang baru pertama digelar. Kegiatan semacam ini penting untuk memupuk semangat nasionalisme dan kepahlawanan.

"Kita harus menauladani semangat perjuangan para pendahulu kita," tambahnya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: