Bea Cukai Jateng-DIY Gagalkan Pengiriman 2,16 Juta Rokok Ilegal

Ary Wahyu Wibowo ยท Jumat, 12 Februari 2021 - 19:43:00 WIB
 Bea Cukai Jateng-DIY Gagalkan Pengiriman 2,16 Juta Rokok Ilegal
Rokok ilegal yang disita Bea Cukai Surakarta bekerja sama dengan Kantor Wilayah DJBC Jateng dan Yogyakarta. (Foto: Ist)

SOLO, iNews.id – Sebanyak 2.160.000 batang rokok ilegal yang akan dikirim ke Jakarta berhasil digagalkan oleh kantor Bea Cukai Surakarta bekerja sama dengan Kantor Wilayah DJBC Jateng dan Yogyakarta. Rokok ini disita lantaran tidak dilengkapi dengan pita cukai. 

Kepala Bidang Penindakan dan Penyidikan Kantor Wilayah Bea Cukai Jateng dan Yogyakarta, Moch Arif Setijo mengatakan rokok ini disita dari sebuah truk pada 4 Februari lalu. Saat itu petugas mendapatkan informasi adanya pengiriman rokok ilegal dari Jawa Timur tujuan Jakarta. Saat melintas di gerbang tol Colomadu, kendaraan ini dihentikan dan ditemukan rokok sigaret kretek mesin (SKM).

“Saat melewati Surakarta kendaraan itu kami amankan dan ditemukan rokok ilegal,” kata Arif dalam keterangan pers di Solo, Jumat (12/2/2021).

Petugas masih melakukan pemeriksaan secara intensif, terhadap pengemudi truk dengan inisial KM dan kernetnya ER. Rokok ini dikemas dalam kardus karton minuman sebagai penutup kardus polos. Setidaknya ada 270 kardus karon polos yang berisi rokok dengan merk tertentu. 

“Rokok ini tidak dilengkapi dengan pita cukai,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2