Begini Detik-Detik Kapal Perang Canggih Rusia Tenggelam Dihajar Rudal

Anton Suhartono ยท Selasa, 19 April 2022 - 23:10:00 WIB
Begini Detik-Detik Kapal Perang Canggih Rusia Tenggelam Dihajar Rudal
Kapal perang Rusia Moskva (Moskow) tenggelam di Laut Hitam. Ukraina menyebut kapal itu tenggelam akibat dihantam rudal, namun Rusia membantahnya. (Foto : Reuters)

LONDON, iNews.id - Kapal perang Rusia Moskva (Moskow) tenggelam di Laut Hitam. Video dan foto detik-detik tenggelamnya kapal perang canggih itu beredar luas. 

Kapal perang kebanggaan negeri beruang merah itu karam setelah meledak pada pekan lalu. Ukraina mengklaim Moskva dihantam dua rudal yang memicu kapal terbakar dan tenggelam.

Namun Moskow membantah keras jika kapal jelajah yang membawa rudal itu tenggelam akibat diserang Ukraina. 

Militer Rusia menyebut terjadi kebakaran yang menyebabkan amunisi di dalamnya meledak. Kapal terbakar saat ditarik akibat badai.

Video dan foto diduga diambil pada 14 April atau sehari setelah Ukraina mengklaim menyerang kapal perang itu. Video berdurasi 3 detik menunjukkan, Moskva terekam dari kejauhan jatuh ke di sisi kiri. Di saat bersamaan, asap hitam mengepul di bagian depan serta freeboard rusak berat.

Dalam foto lain terlihat bagian lain dari freeboard berlubang. Tampaknya pula semua sekoci dikerahkan.

Ukraina mengklaim berhasil menyerang Moskva dengan dua rudal Neptunus buatan dalam negeri yang baru diperkenalkan pada Rabu pekan lalu. Seorang pejabat Amerika Serikat yang meminta namanya tak disebutkan membenarkan pernyataan Ukraina.

Dilaporkan BBC, rekaman itu dianalisis tiga orang pakar angkatan laut (AL). Mereka menilai kerusakan yang terlihat pada kapal disebabkan dampak serangan rudal. Meski demikian sebab lain bisa saja terjadi.

Jonathan Bentham, peneliti Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS) mengatakan, kapal dalam foto merupakan penjelajah kelas Slava yang kemungkinan Moskva. Kerusakan yang diderita kapal tampaknya disebabkan serangan rudal Neptunus.

"Tanda hitam di sisi kiri kapal tampaknya berada di dekat garis air. Itu mengindikasikan kemungkinan serangan rudal sea-skimming, seperti yang dilaporkan, rudal Neptunus," kata Bentham, kepada BBC.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: