Begini Sosok Adisucipto, Pencetus Sekolah Penerbangan Cikal Bakal Lembaga Pendidikan AU

Okezone ยท Rabu, 15 September 2021 - 09:44:00 WIB
 Begini Sosok Adisucipto, Pencetus Sekolah Penerbangan Cikal Bakal Lembaga Pendidikan AU
Pahlawan nasional Adisucipto merupakan pencetus sekolah penerbangan di Indonesia (Foto: Perpusnas)

JAKARTA, iNews.id – Sosok Agustinus Adisucipto punya peran penting dalam mendirikan sekolah penerbangan di Indonesia. Sekolah penerbang ini merupakan cikal bakal lembaga pendidikan TNI AU yang berada di Yogyakarta.

Agustinus Adisucipto adalah pahlawan nasional Indonesia yang memiliki julukan Bapak Penerbang Republik Indonesia. 

Dikutip dari situs TNI AU (tni-au.mi.id), Rabu (15/9/2021), Adisucipto mempelopori pembangunan sekolah penerbangan Indonesia sebagai bekal TNI AU ke depannya. Adisucipto tak sendiri, saat itu dia bersama rekannya Sukarnen Matodisumo merupakan ajudan dari S Sudayarma sebagai Kepala Bagian Penerbangan TNI AU.

Saat itu mereka dihadapkan dengan situasi pelik, yaitu pemanfaatan sumber daya yang mereka punya. Di tengah mempertahankan kedaulatan negara, Adisucipto mengusulkan untuk mendirikan sekolah penerbangan di Maguwo, Yogyakarta pada 15 November 1945. Sekolah penerbangan ini merupakan cikal bakal Lembaga Pendidikan Angkatan Udara.

Sejatinya, sekolah penerbangan ini merupakan yang kedua di Indonesia.  Pertama adalah Pangkalan Udara Bugis di Malang. Tetapi, Pangkalan Udara Bugis hanya untuk menyebarkan informasi terkait penerbangan semata, berbeda dengan sekolah penerbangan di Maguwo yang didedikasikan untuk memproduksi pilot-pilot asli Indonesia.

Editor : Ainun Najib

Halaman : 1 2