Pernikahan Dini Rentan Munculkan Kemiskinan Baru, GKBRAy Pakualam X: Keluarga Harus Mencegah

Kuntadi ยท Rabu, 15 September 2021 - 09:07:00 WIB
Pernikahan Dini Rentan Munculkan Kemiskinan Baru, GKBRAy Pakualam X: Keluarga Harus Mencegah
Pasangan Pengantin. (Foto: Ist)

KULONPROGO, iNews.id – Pernikahan usia dini rentan memunculkan kemiskinan baru karena secara fisik, ekonomi dan mental pasangan ini belum siap. Pencegahan harus dilakukan dari lingkungan keluarga. 

“Pernikahan usia dini berpotensi menimbulkan kemiskinan baru, karena mereka belum mampu secara mandiri untuk menjadi keluarga yang sejahtera,” kata Wakil Ketua I PKK DIY GKBRAy Pakualam X saat Sosialisasi Penguatan Kesehatan Mental Spiritual dan Pencegahan Pernikahan Usia Dini di Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Selasa (14/9/2021). 

Menurutnya, selama masa pandemi Covid-19, angka pernikahan dini cenderung meningkat.Kondisi ini dipengaruhi beban ekonomi keluarga yang semakin berat. Banyak keluarga akhirnya mendorong anaknya segera menikah dengan harapan beban ekonomi berkurang. 

Kondisi ini cukup ironis, karena usia anak-anak ini tidak dipikirkan oleh orang tuanya. Mereka berasumsi ketika perempuan sudah menikah menjadi tanggung jawab keluarganya. 

“Perlu ada pelatihan keterampilan bagi pasangan usia dini, agar memiliki pendapatan untuk kesejahteraan keluarga,” katanya.

Editor : Kuntadi Kuntadi

Halaman : 1 2